Mengenal Geologi dan Cabang Ilmunya

- December 03, 2016
Geologi sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua suku kata, yaitu geo yang berarti bumi dan logos yang berarti pengetahuan atau ilmu. Dengan rangkaian kata itu  Geologi diartikan sebagai ilmu pengetahuan bumi.

Apa yang dipelajari tentang bumi ini melalui Geologi?. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari gejala-gejala yang berkaitan dengan proses terbentuknya bumi, keberadaan bumi, serta fenomena lainnya yang berkaitan dengan bentukan-bentukan alam seperti formasi batuan.

Geologi menjelaskan aspek yang berkaitan dengan kebumian  yang sangat kompleks, oleh karena itu untuk mengkaji secara lebih detail telah ada cabang-cabang Geologi seperti terurai di bawah ini.
Geologi dan Cabang Ilmunya
Lava Basaltis, pic: hilo.hawaii.edu
a. Geologi Struktur adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan bumi serta hubungannya dengan jenis-jenis batuan yang terbentuk di kerak bumi. 
b. Geologi Teknik adalah ilmu yang mempelajari tentang keadaan permukaan bumi yang dikaitkan  dengan kekuatan tanah untuk menopang kontruksi bangunan, seperti gedung bertingkat, jalan raya, dan jembatan.
c. Geologi Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang evolusi kehidupan di permukaan bumi yang meliputi peradaban manusia di permukaan bumi dan pengaruhnya terhadap lingkungan. 
d. Palaeontologi adalah ilmu yang mepelajari tentang fosil hewan dan tanaman yang terkandung dalam batuan dan juga tahap perkembangan kehidupan masa lampau.
e. Stratigrafi adalah ilmu yang mempelajari tentang lapisan-lapisan batuan baik proses terjadinya maupun sifat-sifatnya.
f. Vulkanologi adalah ilmu tentang gunung api.
g. Geologi Ekonomi adalah  cabang geologi yang mempelajari tentang jebakan batuan yang berharga bagi manusia (logam, batubara, minyak bumi, dan sebagainya).
h. Geologi Tambang adalah cabang geologi yang mempelajari tentang pencarian jebakan batuan berharga dan penambangannya.
i. Geologi Kelautan adalah cabang geologi yang mempelajari keadaan geologi dasar lautan dan garis pantai. Topografi dan morfologi dasar laut, penyebaran dan sifat sedimen dasar laut, komposisi dan struktur batuan di bawahnya, dan proses-proses geologi dasar laut
j. Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses-proses yang berhubungan dengan bentukan-bentukan permukaan bumi dan pengaruhnya terhadap kobndisi setempat.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search