8 Unsur Interpretasi Citra Penginderaan Jauh

- December 20, 2016
Produk penginderaan jauh pada dasarnya adalah foto udara. Foto udara atau citra ini kemudian dianalisa atau ditinterpretasi oleh pengguna untuk berbagai kepentingan. Bagaimana kita bisa mengetahui objek-objek pada sebuah citra inderaja?. Kamu harus memahami terlebih dahulu 8 unsur utama citra inderaja. Berikut ini penjelasannya:

1. Ukuran
Setiap objek di permukaan bumi ini memiliki ukuran tertentu jika dilihat dari udara. Misalnya jika lapangan bola tentu ukurannya akan lebih besar dibanding lapangan sekolah. Ukuran perumahan akan lebih luas dibanding sekolah. Dengan melihat ukuran kita bisa mencoba mentafsirkan objek di peta tersebut. 
2. Bentuk
Bentuk suatu objek di permukaan bumi jika dilihat dari foto udara akan bermacam-macam. Contohnya perkebunan sawit akan memiliki bentuk seragam sedangkan hutan bakau memiliki bentuk tidak teratur. Bentuk mesjid dapat dilihat dari adanya kubah sedangkan bentuk jalan adalah lurus dengan berbagai percabangan.
3. Bayangan
Bayangan tercipta karena adanya sinar matahari terhalang oleh suatu objek. Bayangan dapat memberikan informasi tentang menara, ketinggian bangunan dan lainnya. Bayangan dipengaruhi juga oleh sudut perekaman.
4. Warna
Warna memegang peranan penting terhadap pengenalan sebuah objek di foto udara. Contohnya dalam foto udara pankromatik, ladang jagung yang telah siap panen akan berwarna kuning sedangkan sungai hutan hujan akan berwarna hijau gelap. Jika menggunakan infrared, tumpahan minyak di laut dapat dikenali dari warnanya yang gelap. 
5. Tone
Tone merupakan variasi warna putih ke hitam. Dalam foto pankromatik, beberapa objek khusus dapat dilihat dari perbedaan tone ini. Contohnya pasir kering akan merefleksikan warna putih sedangkan tanah yang basah akan merefleksikan warna kehitaman.
8 Unsur Interpretasi Citra Penginderaan Jauh
Foto Citra Ladang Panel Surya, pic: geoimage
6. Tekstur
Tekstur adalah ukuran kekasaran sebuah objek. Padang rumput luas akan mencitrakan tekstur halus di foto sedangkan hutan konifer akan mencitrakan tekstur cenderung kasar di foto. Tekstur dipengaruhi oleh skala foto juga.
7. Pola
Pola adalah kecenderungan sebuah objek. Contohnya rel kereta akan berpola memanjang, padang gandung akan berpola teratur, perumahan akan berpola seragam dan lainnya.
8. Asosiasi 
Kombinasi dari berbagai elemen objek di permukaan bumi dinamakan asosiasi. Jika kamu melihat cerbong asap di foto tentu asosiasinya adalah dengan pabrik, jika melihat hutan bakau tentu asosiasinya adalah dengan pantai.

Itulah 8 unsur spasial citra inderaja. Kepekaan daya citra masing-masing orang berbeda-beda oleh karena itu dalam menerjemahkan foto udara harus dilakukan secara bersama-sama. 
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search