Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

- March 08, 2017
Globalisasi menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari dan masyarakat harus siap menghadapi dampak yang ditimbulkannya. Globalisasi mencakup semua aspek kehidupan manusia mulai dari makanan, minuman, fashion, gaya hidup, pola pikir sampai ideologi. Berikut dampak positif dan negatif dari globalisasi

Dampak Positif
1. Investasi yang masuk melalui perusahaan transnasional membantu negara menyediakan lapangan kerja baru dan keterampilan bagi masyarakat lokal.
2. Perusahaan transnasional membawa modal dan mata uang asing ke ekonomi lokal dengan cara membeli sumber daya lokal, produk dan jasa. Uang tambahan akan didapatkan jika investasi ini digunakan untuk membangun sarana pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.
3. Adanya ide baru, pengalaman, gaya hidup dan budaya lain. Orang bisa menemukan mencicipi makanan dan produk baru yang sebelumnya tidak tersedia di negara mereka.
4. Globalisasi meningkatkan kesadaran akan peristiwa-peristiwa penting di dunia contohnya saat terjadi bencana tsunami Aceh maka negara di dunia lainnya langsung bergerak memberikan bantuan secara cepat.
5. Globalisasi membantu manusia sadar akan isu-isu global seperti pemanasan global sehingga mengingatkan pentingnya pembangunan berkelanjutan untuk generasi masa depan. 
Dampak Positif dan Negatif Globalisasi
Produk Barat Senjata Globalisasi, pic: rahulmitra.files.wordpress.com
Dampak Negatif
1.Globalisasi hanya kepentingan negara kaya yang terus mendominasi perdagangan dunia dengan mengorbankan negara berkembang. Peran negara berkembang di pasar dunia sebagian besar hanya untuk menyiapkan tenaga dan bahan baku murah di negara maju.
2. Tidak ada jaminan kekayaan dari investasi asing dapat menguntungkan masyarakat lokal. Faktanya, keuntungan mayoritas kembali dikirim ke negara asal sehingga mereka hanya pinjam tempat di negara ini. Kemandekan ekonomi membuat negara berkembang membuat jalan pintas dengan membuat kebijakan lunak tentang pendirian perusahaan transnasional.
3. Tidak ada landasan hukum internasional yang ketat tentang aturan main perusahaan transnasional. Mereka bisa mencemari lingkungan, mengabaikan keselamatan pekerja dan membeirkan upah yang kecil dan jaminan hidup yang buruk.
4. Globalisasi dipandang banyak orang sebagai ancaman dari keberagmaan budaya di dunia. Globalisasi dikhawatirkan menghambat ekonomi lokal, tradisi dan bahasa sehingga yang ada hanya budaya kapitalis. Contohnya kini sistem pendidikan banyak yang mengambil Cambridge yang belum tentu cocok diterapkan di Indonesia misalnya.
5. Masuknya pekerja asing akan menghancurkan kesempatan kerja orang lokal.

Itulah dampak positif dan negatif globalisasi dan kita harus punya tameng untuk menangkal pengaruh negatifnya. Peradaban manusia terus berkembang namun perkembangan tersebut harus membuat manusia semakin beradab bukan semakin tidak bermoral.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search