Perbedaan Pixel, Contrast dan Resolusi Citra Inderaja

- December 20, 2016
Data citra satelit atau citra inderaja akan dikirim ke penerima dalam bentuk digital yang merupakan kumpulan data numerik. Unit terkecil data digital adalah bit yatu angka biner 0 atau 1. Kumpulan data sejumlah 8 bit data adalah sebuah unit data yang dinamakan byte dengan nilai antara 0 - 225. Kumpulan byte ini dengan struktur tertentu bisa dibaca oleh software dan disebut digital 8-bit. 

a. Pixel
Pixel atau picture element adalah sebuah titik yang merupakan elemen dasar paling kecil dari sebuah citra satelit. Angka numerik (1 byte) dari pixel disebut digital number atau DN. DN bisa ditampilkan dalam warna kelabu berkisar antara putih dan hitam tergantung dari level energi yang terekam. Pixel yang disusun dalam order yang benar akan membentuk sebuah citra.

Kebanyakan citra satelit yang belum diproses akan disimpan dalam bentuk gray  scale. yang merupakan warna skala dari hitam ke putih dengan derajat keabuan yang bervariasi. Untuk citra multispektral, masing-masing pixel punya beberapa DN sesuai dengan jumlah band yang dimiliki contohnya untuk Landsat 7, masing-masing pixel punya 7 DN dari 7 band yang dimiliki. Citra bisa ditampilkan untuk masing-masing band dalam bentuk hitam dan putih maupun kombinasi 3 band sekaligus yang disebut color composite.
Perbedaan Pixel, Contrast dan Resousi Citra Inderaja
Perbedaan Resolusi Citra, pic: slideshare
b. Contrast
Contrast merupakan perbedaan antara brightness antara sebuah benda dengan sekelilingnya pada citra. Sebuah bentuk tertentu mudah terdeteksi bila pada sebuah citra contrast antara bentuk tersebut dengan backgroundnya tinggi. Teknik pengolahan citra bisa dipakai untuk mempertajam kontras. Citra sebagai data set bisa dimanipulasi menggunakan algorithm.

Manipulasi bisa merupakan pengkoreksian error, pemetaan kembali pada data atau mengekstrak informasi yang tidak lanngsung terlihat dari data.
c. Resolusi
Resolusi dari sebuah citra adalah karakteristik yang menunjukkan level detail yang dimiliki sebuah citra. Resolusi didefinisikan sebagai area dari permukaan bumi yang diwakili oleh sebuah pixel sebagai elemen terkecil dari sebuah citra. Resolusi citra dengan ketinggian sensor 1 km akan berbeda dengan 10 atau 100 km. Semakin dekat sensor ke objek maka resolusi akan semakin besar.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search