Contoh Outline Naskah Buku Pelajaran

- January 06, 2017
Menerbitkan buku merupakan impian para penulis termasuk saya. Ada beberapa cara untuk menelurkan buku, salah satunya adalah mengirimkan naskah ke penerbit. Salah satu syarat untuk mengirim naskah ke penerbit adalah dengan menampilkan outline naskah buku. Bagi yang memerlukan contoh outline naskah buku pelajaran, saya berikan contohnya di bawah. Outline naskah merupakan deskripsi singkat isi bab buku. 

Contoh Outline Naskah Buku Pelajaran
BAB 1 KONSEP DASAR GEOGRAFI
Bab awal ini berisi tentang ulasan sejarah perkembangan geografi dan konsep-konsep dasar geografi. Siswa akan menemukan berbagai istilah dan penjelasan yang berkaitan dengan konsep dasar keilmuan geografi sehingga dapat melihat perbedaan dengan ilmu lainnya.

BAB 2 JAGAT RAYA DAN PERKEMBANGAN BUMI
Bab 2 berisi tentang sejarah terbentuknya Bumi sebagai sebuah planet kehidupan mulai dari Jagat Raya hingga Tata Surya. Perkembangan kehidupan dan bentuk muka bumi dari waktu ke waktu juga tersaji di bab ini.

BAB 3 KARYA ILMIAH GEOGRAFI
Bab 3 membahas tentang langkah-langkah atau pedoman pembuatan karya ilmiah geografi. Contoh-contoh judul penelitian geografi juga disajikan untuk mempermudah pemahaman dan wawasan siswa.

BAB 4 DINAMIKA LITOSFER
Bab 4 membahas tentang fenomena-fenomena terjadi di litosfer atau lapisan kerak bumi. Dampak dari dinamika litosfer bagi kehidupan manusia juga dibahas.

BAB 5 DINAMIKA PEDOSFER
Bab 5 membahas tentang pedosfer atau lapisan tanah. Pedosfer pada dasarnya masih ada kaitannya dengan litosfer namun dibahas secara terpisah karena punya karakteristik tersendiri. Berbagai sebaran jenis tanah di dunia dan pemanfaatannya dibahas dalam bab ini.

BAB 6 DINAMIKA ATMOSFER
Bab 6 membahas tentang fenomena-fenomena yang terjadi di atmosfer atau lapisan udara. Dampak dari berbagai fenomena tersebut juga dibahas secara rinci.

BAB 7 DINAMIKA HIDROSFER
Bab 7 membahas seputar fenomena terkait penyebaran air di bumi dan pemanfaatannya.  Fenomena-fenomena seperti siklus air, arus laut, sungai, rawa, gletser dibahas secara rinci.

BAB 8 MITIGASI BENCANA
Bab 8 membahas tentang jenis-jenis bencana dan upaya mitigasinya. Hal ini bermanfaat untuk mengedukasi siswa akan pentingnya pemahaman akan kebencanaan dan upaya penanggulangannya.

BAB 9 BIOSFER
Bab 9 membahas tentang sebaran flora fauna di dunia dan Indonesia. Berbagai jenis flora fauna khas tiap daerah di Indonesia dan dunia disajikan dengan gambar yang aktual.

BAB 10 DINAMIKA PENDUDUK
Bab 10 berisi tentang fenomena-fenomena yang terkait dengan aktifitas manusia di permukaan bumi. Perkembangan manusia dilihat dari aspek kuantitas dan kualitas.


BAB 11 SUMBER DAYA ALAM
Bab 11 menjelaskan tentang berbagai jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya bagi manusia. Sebaran sumber daya alam potensial di Indonesia juga disajikan.

BAB 12 POTENSI GEOGRAFIS INDONESIA
Bab 12 membahas tentang potensi geografis Indonesia sebagai salah satu Negara dengna biodiversitas tertinggi di dunia. Potensi tersebut dapat berupa potensi fisik dan non fisik yang merupakan modal dasar pembangunan.

BAB 13 KEARIFAN LOKAL
Bab 13 mengkaji tentang upaya pengelolaan sumber daya alam berbasis kearifan lokal. Pemanfaatan sumber daya alam harus berasaskan prinsip berkelanjutan agar bisa diwariskan ke generasi selanjutnya.

BAB 14 LINGKUNGAN HIDUP
Bab 14 menjelaskan tentang hakiakt lingkungan hidup sebagai bagian dari kehidupan. Selain itu berbagai permasalahan lingkungan seperti pencemaran dijelaskan dengan upaya-upaya pelestariannnya .

BAB 15 POTENSI BUDAYA
Bab 15 membahas tentang potensi budaya di Indonesia kaitannya dengan pembangunan. Berbagai keanekaragaman budaya dari Sumatera hingga Papua ditampilkan untuk memberikan pemahaman akan kekayaan Indonesia sebagai Negara multicultural di dunia.

BAB 16 BAHAN GALIAN
Bab 16 membahas tentang potensi berbagai jenis bahan galian di Indonesia dan sebarannya dari Jawa hingga Papua. Berbagai contoh pemanfaatan bahan galian yang bersifat ekonomi juga dibahas.

BAB 17 INDERAJA
Bab 17 membahas tentang pemanfaatan penginderaan jauh di berbagai bidang kehidupan ini. Proses perekaman objek di permukaan bumi hingga tata cara interpretasi foto udara dibahas di bab ini.

BAB 18 PETA
Bab 18 membahas tentang teknik dasar pembuatan peta yang merupakan alat bantu utama geografi dalam melihat penyebaran suatu fenomena. Komponen-komponen dasar peta berserta teknik perhitungan skala di bahas dalam bab ini.

BAB 19 SIG
Bab 19 membahas tentang pemanfaatan Sistem Informasi Geografi dalam kehidupan modern saat ini. Perkembangan SIG juga dibahas beserta komponen-komponennya. SIG menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia saat ini.

BAB 20 DESA KOTA
Bab 20 membahas tentang fenomena interaksi desa dan kota serta dampaknya bagi kedua daerah tersebut. Beragam teori pola keruangan desa dan kota juga dijelaskan dengan ciri-cirinya.

BAB 21 PEWILAYAHAN
Bab 21 membahas tentang teori-teori pewilayahan dan model pengembangan wilayah di Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga sekarang. Wilayah atau region merupakan salah satu kajian utama geografi sehingga pemahaman tentang jenis-jenis wilayah merupakan suatu kewajiban dalam mata pelajaran geografi.

BAB 22 NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG
Bab 22 membahas tentang ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang berdasarkan berbagai aspek.  Contoh-contoh profil Negara maju dan Negara berkembang juga diulas untuk memberikan gambaran tentang kondisi tiap Negara.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search