Fungsi Pembelajaran Geografi di Sekolah

- January 24, 2017
Setiap ilmu di bumi ini pastinya punya fungsi masing-masing dan berguna bagi kehidupan. Geografi sebagai disiplin ilmu juga punya fungsi yang tak kalah penting dengan ilmu lainnya. Geografi telah berkembang sejak zaman peradaban Yunani kuno, dari sekedar mitologi lalu migrasi manusia membuat berbagai wilayah di bumi ini dikenali.

Perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini juga membuat geografi menjadi semakin canggih dalam memahami gejala geosfer. Berikut ini beberapa fungsi penting geografi dan mengapa ilmu tersebut harus diajarkan di sekolah:

1. Mengasah Kecerdasan Spasial
Kecerdasan spasial atau keruangan merupakan suatu kemampuan untuk mengenali, mengorgansasikan, dan memanfaatkan ruang untuk kesejahteraan manusia. Kecerdasan ini perlu agar manusia tidak salah dalam mengelola ruang. Banyak tragedi dan bencana saat ini terjadi karena kemampuan analisa keruangan pemimpinnya tidak baik. Daerah bibir sungai yang seharusnya merupakan daerah untuk laju air, malah dihuni manusia dengan dalih tidak ada lagi pilihan. Saat banjir terjadi yang disalahkan pemerintahnya. Sudah pemerintah salah tidak mengatur pola pemukiman, penduduknya juga salah tidak punya kecerdasan spasial dalam menempati ruang. Tidak semua ruang permukaan bumi dapat dihuni dengan layak meskipun bisa diaatasi dengan rekayasa teknologi. Ada batas kritis tertentu sehingga kita harus mengenali dan memahaminya.
Fungsi Pembelajaran Geografi di Sekolah
Pemukiman kumuh muncul karena kurangnya kecerdasan dan kesadaran spasial
2. Mempertebal rasa cinta tanah air
Berbagai potensi geografis Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dengan belajar memahami sebaran potensi tersebut, geografi berfungsi untuk menancapkan rasa cinta tanah air pada siswa. Siswa akan sadar akan kemegahan Indonesia sebagai suatu bangsa dan negara. Berbekal ilmu itulah diharapkan nanti anak didik kita dapat menjadi pemimpin yang amanah dalam mengelola segala hal yang ada di bumi pertiwi.

3. Menambah wawasan geografis dan cinta lingkungan
Geografi mempelajari semua hal yang ada di permukaan bumi. Aspek fisik dan sosial masuk dalam radar geografi. Dengan demikian anak semakin banyak memiliki wawasan tentang ciptaan Tuhan dan harus bisa menjaganya dengan baik. Anak diajak untuk memiliki etika lingkungan yang baik agar dapat hidup berdampingan.

Itulah beberapa fungsi pembelajaran geografi di sekolah, jadi jangan malas belajar geografi ya!. Gambar: news.xinhuanet.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search