Kuliner Tutug Oncom (TO) Khas Tasikmalaya

- January 05, 2017
Berkunjung ke Tasikmalaya, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khasnya yaitu Tutug Oncom. Tutug Oncom atau TO merupakan makanan khas Tasik yang melegenda karena rasanya yang lezat, murah dan mengeyangkan tentunya. Dulu sewaktu kuliah, TO merupakan makanan favorit karena harganya yang pas di kantong. Setelah meninggalkan Tasik menuju Banjarmasin lalu sekarang ke Bekasi, saya jarang sekali menemukan kuliner yang satu ini.

Untungya pas libur kemarin, saya sempat-sempatkan diri untuk pulang kampung ke Tasikmalaya dan mencicipi kembali Tutug Oncom Tasik. Tutug Oncom merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari bahan dasar oncom yang diaduk dengan nasi hangat. Oncom merupakan olahan kedelai yang diberi ragi hingga berwarna kuning keoranyean lalu digoreng.
Kuliner Tutug Oncom (TO) Khas Tasikmalaya
Tutug Oncom Tasik
Dulu kala, oncom merupakan makanan masyarakat miskin karena di era kolonial para penduduk lokal sangat kesulitan untuk mendapatkan lauk yang bagus jadi untuk mengatasinya dengan membuat oncom. Namun saat ini oncom menjadi makanan yang dicari para penikmat wisata kuliner khususnya yang sedang mengunjungi Tasikmalaya bahkan menjadi indentitas Tasik itu sendiri selain bakso tentunya.

Tutug Oncom biasa disajikan dengan gorengan tempe (cipe), bala-bala, atau gehu. Selain itu tambahan toping lainnya adalah asinan, lalap,atau telur dadar. Harga satu porsi nasi TO plus gorengannya tidak sampai 10 ribu coy, murah bukan?. Bagi yang sedang mengunjungi Tasik, saya berikan satu lokasi warung TO yang terkenal yaitu TO Benhil di dekat kampus UPI Tasikmalaya. Saya bukan bermaksud mengiklankan, tapi memang rasa TO ini sangat khas dan sulit ditandingi. Saya sudah mencoba berbagai tempat kuliner TO tapi tidak ada yang bisa mengalahkan TO Benhil. 
Kuliner Tutug Oncom (TO) Khas Tasikmalaya
Warung TO Benhil Dadaha Tasik
Warung TO ini bukan dari jam 9an hingga jam 12 siang. Anda jangan salah, untuk mendapatkan TO ini harus datang sebelum duhur karena setelah jam tersebut pasti habis. Cita rasa oncom dengan sambal hejonya sangat luas biasa di lidah. Gorengan yang disajikan disini adalah tempe cipe dan bala-bala. Hingga kini TO Benhil masih menjadi warung TO favorit warga dan lokasinya masih sama tidak berubah, mungkin untuk menjaga kekhasannya yaitu warung kaki lima. Selamat berburu kuliner Tasikmalaya.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search