Peta Sebaran Rawa di Indonesia

- January 16, 2017
Lahan rawa masuk dalam tipe lahan basa atau wetlands, yang sebenarnya merupakan lahan yang menempati wilayah peralihan antara system daratan dan system perairan. Karena menempati posisi peralihan tersebut maka lahan ini sepanjang tahun atau dalam waktu yang panjang dalam setahun tergenang dangkal, selalu jenuh air atau punya air tanah dangkal. Dalam kondisi alami, sebelum dibuka untuk lahan pertanian, lahan rawa ditumbuhi berbagai tumbuhan air baik jenis rerumputan (reeds, sedges, rushes), vegetasi semak maupun kayu-kayuan, tanahnya jenuh air atau punya permukaan air tanah dangkal atau tergenang dangkal.

Sumber daya lahan rawa di Indonesia merupakan salah satu pilihan pertanian di masa depan. Secara garis besar, rawa dominan ada di empat pulau besar di luar Jawa yaitu Sumatera, Kalimantan, Papua dan sebagian kecil Sulawesi.

Di Sumatera, sebaran lahan rawa dominan berada di dataran rendah sepanjang pantai timur terutama di Riau, Sumatera Selatan dan Jambi, serta dalam skala sempit di Lampung dan Sumatera Utara. Di pantai barat, lahan rawa menempati dataran pantai sempit di Aceh, Sumatera Barat dan Bengkulu.

Di Kalimantan, sebaran lahan rawa yang dominan terdapat di dataran rendah sepanjang pantai barat yaitu Kalimantan Barat, pantai selatan, dalam wilayah Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Selatan, pantai timur dan timur laut wilayah Kalimantan Timur. Sebaran rawa lebak yang cukup luas ada di wilayah Hulu Sungai Kapuas Besar, sebelah barat Putussibau, Kalimantan Barat dan sekitar Danau Semayang dan Melintang sekitar Kotabangun DAS Sungai Mahakam Kalimantan Timur.
Peta Sebaran Lahan Basah Indonesia, pic:http://www.greenpeace.org/
Di Wilayah Papua, lahan rawa yang terluas ada di dataran rendah sepanjang pantai selatan yaitu Kabupaten Fak Fak, dan pantai tenggara wilayah Kabupaten Merauke. Lalu di daerah Kepala Burung di sekitar Teluk Berau-Bintuni dalam wilayah Kabupaten Manokwari dan Sorong.

Sementara di wilayah bagian utara, lahan basah memanjang dari Nabire sampai Sarmi. Sebaran lahan rawa lebak yang cukup luas ada di lembah Sungai Memberamo yang ada di bagian tengah Papua.

Di Sulawesi, sebaran lahan rawa tidak begitu luas dan hanya ada di daerah pantai sempit. Rawa yang cukup luas bias ditemukan di pantai barat daya Palu, kemudian di Teluk Bone, Kabupaten Mamuju,sepnajng pantai timur laut Palopo dan sedikit di pantai selatan  Kabupaten Toli-Toli di sekitar Teluk Tomini.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search