Terbentuknya Angin Darat dan Angin Laut

- January 27, 2017
Angin merupakan salah satu unsur meteorologi dan bagian dari atmosfer. Kali ini kita akan bahas dulu tentang mekanisme angin darat dan angin laut. Angin laut merupakan angin yang berhembus dari laut menuju daratan. Angin ini sering terjadi pada musim semi dan musim panas karena perbedaan suhu lebih besar antara laut dan tanah di dekatnya, terutama di sore hari pada saat daratan menerima panas maksimal di siang hari. Bagaimana proses terbentuknya angin darat dan angin laut tersebut?

Pada siang hari matahari memanasi permukaan daratan dan lautan. Air adalah penyerap yang baik dari energi matahari dan tanah juga menyerap banyak energi matahari. Namun air jauh lebih lambat dalam menerima panas dibanding tanah sehingga udara di atas tanah akan lebih hangat dibanding udara di atas lautan. Udara hangat di daratan akan naik sepanjang hari, menyebabkan tekanan di atasnya rendah. Sementara itu tekanan di lautan cenderung tinggi karena udaranya lebih dingin. Untuk mengimbanginya, udara akan mengalir dari laut ke darat karena udara bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Kekuatan angin laut bervariasi tergatung pada perbedaan suhu di darat dengan laut. Ini terjadi di siang hari.
Terbentuknya Angin Darat dan Angin Laut
Angin Darat Dan Angin Laut
Saat malam hari, mekanisme akan terbalik. Udara di atas lautan kini akan lebih hangat dibanding udara di daratan. Daratan akan kehilangan panas dengan cepat setelah matahari terbenam dan udara di atas akan mendingin pula. Hal ini dapat kamu rasakan di jalan aspal. Saat siang hari, aspal sangat panas namun saat malam hari akan terasa dingin. Lautan akan menahan panas lebih lama saat matahari tenggelam dan akan lambat melepas panas. Hal ini menyebabkan tekanan permukaan rendah bergeser ke atas lautan selama malam dan tekanan permukaan tinggi bergerak ke atas daratan. Hal ini menyebabkan gradien suhu yang kecil antara permukaan laut dengan tanah di dekatnya, sehingga malam hari angin akan bertiup dari daratan ke laut menciptakan angin darat.

Pada daerah tertentu, angin laut bisa menyebabkan bada saat sore hari. Di Florida, angin bertiup dari timur Atlantik dan dari barat Teluk Meksiko. Hal ini menyebabkan angin laut berkumpul menuju bagian tengah semenanjung Florida. Udara naik, membentuk awan, curah hujan dan menghasilkan badai. Itulah proses terbentuknya angin darat dengan angin laut.
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search