Tipe-Tipe Hutan Kota

- January 08, 2017
Hutan kota merupakan ruang terbuka yang ditumbuhi tumbuhan berkayu di wilayah perkotaan. Saat ini kota-kota di Indonesia sudah mulai sadar dan membangun titik-titik ruang terbuka hijau karena berjuta manfaatnya. Hutan kota memberikan manfaat lingkungan yang besar bagi penduduk kota baik di sisi estetika, rekreasi atau sosialisasi. 

Hutan kota merupakan bentuk persekutuan vegetasi pohon yang mampu menciptkan iklim mikro dan lokasinya di dalam kota atau dekat kota. Coba anda rasakan, lebih senang tinggal di daerah gersang atau banyak pepohonan?, tentu banyak pohon bukan?. Hutan di perkotaan ini tidak memungkinkan dibangun dalam area luas, kecuali central park New York. Bentuknya juga tidak harus dalam bentuk blok namun hutan kota dapat dibangun dengan model yang beragam.

Dalam pelaksanaan pembangunan hutan kota, ditentukan berdasarkan pada objek yang akan dilindungi, hasil yang dicapai dan letak dari hutan kota tersebut. Menurut letaknya, hutan kota dapat dibagi menjadi lima kelas kriteria yaitu:
Tipe-Tipe Hutan Kota
Hutan Central Park Manhattan, pic: assets.fodors.com
1. Hutan Kota Pemukiman
Merupakan pembangunan hutan kota yang bertujuan untuk membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dan menambah keindahan dan dapat menangkal pengaruh polusi kota terutama polusi udara yang diakibatkan oleh adanya kendaraan bermotor yang terus meningkat dan semakin padatnya penduduk.

2. Hutan Kota Industri
Berperan sebagai penangkal polutan yang berasal dari limbah yang dikeluarkan oleh kegiatan perindustrian seperti limbah padat, cair maupun gas.

3. Hutan Kota Wisata
Berperan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan rekreasi dan sosialisasi penduduk yang dilengkapi sebagai sarana bermain anak-anak atau remaja, tempat istirahat, perlindungan dari polutan dan sebagai produsen oksigen.

4. Hutan Kota Konservasi
Hutan kota ini mengandung arti penting untuk mencegah kerusakan, memberi perlindungan serta pelestarian terhadap objek tertentu baik flora fauna di dalamnya.

5. Hutan Kota Pusat Kegiatan
Berperan untuk meningkatkan kenyamanan, keindahan, dan produksi oksigen di pusat kegitan seperti pasar, terminal, perkantoran, pertokoan dan lainnya. Selain itu hutan kota juga berperan sebagai jalur hijau di pinggir jalan yang berlalu-lintas padat.

Kehadiran pohon dalam lingkungan sekitar khususnya di perkotaan memberikan nuansa kelembutan dan keindahan. Kita tidak bisa hidup tanpa pohon dan sudah sepantasnya manusia kembali kepada kodratnya sebagai mahluk yang cinta lingkungan. Pohon memberikan kesejukan saat udara panas datang dan menyebarkan kehangatan saat udara dingin malam hari mendera.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search