Tokoh Geografi Dunia dan Karya-Karyanya

- January 19, 2017
Geografi sudah berkembang sejak lama yaitu sejak era Yunani kuno dan kekhalifahan Islam. Lalu siapa saja tokoh geografi di dunia dan apa saja karya-karyanya?. Berikut ulasan beberapa tokoh geografi dengan karya nya:
1. Herodotus
Ia membuat peta dunia hasil imajinasi dan hasil pengembaraannya terutama peta wilayah Laut Tengah (Eropa, Asia dan Libya). Ia juga menguraikan pengertian tentang bumi serta mendeskripsikan asal mula daerah dan penduduknya.
2. Erasthostenes
Ia memperkenalkan istilah geografi (geo dan graphein) yang artinya gambaran tentang bumi.
3. Strabo
Ia dalam bukunya Geographia mengemukakan bahwa pengaruh lingkungan sangat menentukan kebudayaan masyarakat.
4. Crates
Ia membuat sebuah globe dalam bentuk sederhana di masa nya. Ia juga meramalkan adanya daratan lain yaitu Antipoda (benua selatan yang besar) dinamakan juga Terra Australis.
5. Ptolomeus
Dalam bukunya Almagest dan Geographica ia menjelaskan pokok-pokok dasar geografi klasik dan sistematika dasar pemetaan. Di dalam petam ia mencantumkan nama tempat di sekitar Laut Tengah, nama kota di India dan juga Cina.
6. Al Kini
Ia menulis buku yang memberikan penjelaskan tentang bagian bumi yang berpenghuni. Disamping itu, ia menjelaskan tentang keadaan alam dan bentuk permukaan bumi dari berbagai negeri yang biasa dikunjungi oleh saudagar Islam kala itu.
7. Sulaeman Al Mahri
Ia membukukan kunjungannya ke berbagai wilayah di seberang lautan Hindia dan Kepulauan Melayu.
8. Al Khawarizmi
Ia berjasa membuat globe pertama di dunia pada 830 M.
9. Abu Zaid al Bakhi
Ia membuat atlas Arab pertama yang berjudul lukisan propinsi atau bentuk kawasan atau region.
10. Al Idris
Bukunya memuat tentang penjelasan dunia khususnya menyempurnakan pembagian lima iklim bumi menurut konsep Yunani kuno. Ia juga membuat model bola langit dan sebuah model dunia.
Tokoh Geografi Dunia dan Karya-Karyanya
Peta Dunia Al Idris
11. Al Biruni
Ia memperkenalkan teknik pengukuran bumi menggunakan metode segitiga.
12. Ibnu Khaldun
Ia menulis buku geografi sejarah yang menguraikan pengaruh lingkungan alam terhadap masyarakat di berbagai wilayah. Ia juga menjelaskan masalah irigasi, kehidupan manusia pengembara dan perdagangan di daerah gurun.
13. Ibnu Batutta
Ia merupakan seorang penjelajah legendaris yang menyinggahi hampir semua daerah di dunia selama berpuluh-puluh tahun. Ia menuliskan semua perjalanannya dalam sebuah catatan dan sekarang dibukukan menjadi Rihlah Ibnu Batutta.
14. Bernandus Verenius
Ia menguraikan dua aliran dalam geografi di bukunya yaitu geografi yang bersifat fisik dan geografi sosial.
15. Immanuel Kant
Ia menjadi peletak dasar geografi modern. Menurutnya, geografi merupakan disiplin ilmu ilmiah yang memandang fakta dalam ruang.
16. Von Humbolt
Ia memperkenalkan pembagian iklim secara vertical berdasarkan ketinggian.
Sumber: 1001inventions.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search