4 Prinsip Sedimentasi (Hukum Steno)

- February 24, 2017
Sedimentasi merupakan fenomena umum di bumi dan beragamnya kenampakan fisik permukaan bumi salah satunya disebabkan oleh proses sedimentasi ini. Dalam geologi, sedimentasi dienal prinsip "the present is the key  to the past". Media pengangkut material saat sedimentasi bisa oleh air, udara atau es. Saat sedimentasi terjadi, maka prinsip yang berlaku adalah material yang lebih berat akan terendapkan lebih dahulu dibandingkan material yang ringan.

Nicolas Steno, seorang ilmuwan/geolog Denmark menjelaskan sebuah teori prinsip pengendapan yang dikenal dengan Steno's Law. Ia sangat tertarik meneliti tentang batuan fosil. Pada tahun 1969, Steno mempublikasikan laporan tentang prinsip sedimentasi dimana lapisan yang lebih tua akan berada di paling dasar dan lapisan yang paling tua akan ada di paling atas. Sumber: wikimedia
4 Prinsip Sedimentasi (Hukum Steno)
Prinsip Dasar Sedimentasi
1. Original lateral continuity
Prinsip ini menyatakan bahwa sedimen akan terakumulasi secara menyebar, mendatar pada suatu cekungan atau basin. Lapisan batuan akan meluas sampai sampai terjadinya perubahan atau deformasi.
2. Original horizontality
Prinsip ini menyebutkan bahwa lapisan sedimen akan berada di suatu cekungan seperti danau, atau laut dengan bantuan gravitasi akan membentuk lapisan mendatar seperti kue lapis.
3. Superpotition
Jika tidak ada deformasi, maka natural nya lapisan sedimen paling tua akan berada pada lapisan paling bawah atau dasar.
4. Cross Cutting
Ini menyatakan bahwa lapisan batuan yang dipotong oleh sesar atau intrusi batuan beku, maka batuan yang dipotong harus lebih tua dibanding lapisan (intrusi) yang memotong lapisan sebelumnya.

Sedimentasi sangat penting untuk membangun strukur permukaan bumi ini. Selain itu berbagai bahan galian juga terbentuk karena adanya sedimentasi ini. Cebakan minyak, gas alam, batu bara adalah contoh bahan galian yang muncul dibantu oleh proses sedimentasi. Deposit intan, emas, timah juga dibangun oleh proses pengendapan. Baca juga: Zonasi Patahan Lembang Bandung
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search