Arus Labrador itu Apa dan Dimana?

- February 17, 2017
Arus Labrador atau Labrador Current ditemukan di pantai timur Kanada perairan Samudera Atlantik Utara dan langsung memengaruhi cuaca di wilayah Eropa. Arus Labrador adalah arus permukaan laut di perairan Samudera Atlantik Utara yang berasal dari Selat Davis, dimana ia dimulai sebagai kelanjutan dari arus Greenland Barat dan Arus Pulau Baffin. 

Dari kedua wilayah tadi aurs mengalir ke selatan sepanjang sisi barat laut Labrador. Arus lalu melewati sepanjang Labrador, Newfoundland dan pantia timur Nova Scotia di Kanada. Arus Labrador merupakan tipe arus dingin dengan salinitas rendah dan mencapai kedalaman maksimum 2.000 kaki. Arus ini membawa volume air kisaran 125 juta hingga 190 juta kaki kubik dan mengangkut banyak gunung es di wilayah selatan greenland.

Arus Labrador selalu bertindak sebagai penentu pola iklim wilayah pesisir timur Kanada. Perairan yang dilalui arus ini sangat baik untuk perkembangan spesies ikan komersial seperti Atlantic Cod. Arus ini juga telah bertanggung jawab terhadap beberapa bencana laut yang terjadi di masa lalu. Gunung es dan potongan gletser sering menyebabkan kapal terhempas termasuk tenggelamnya R.M.S Titanic musim semi 1912. Kabut yang tercipta di daerah ini juga mengacaukan navigasi kapal di masa lalu.
Arus Labrador itu Apa dan Dimana?
Arus Labrador di Utara
Arus Labrador memainkan peran utama dalam memengaruhi iklim dari wilayah Kanada yang berbatasan langsung dengan perairan tersebut. Salinitas rendah dibanding perairan Atlantik tengah membuat air mudah membeku. Perairan dingin di Labrador memunculkan dampak menengah pada iklim pesisir, membuat musim panas lebih dingin dan musim dingin yang lebih dingin. Banyak gunung es yang terbawa arus Labrador menjadi penghalang transportasi kapal laut. Namun kemurnian gunung es membawa sumber air komersil yang berharga dan menjadi daya tarik wisatawan itu sendiri.

Suhu perairan Arus Labrador berada di kisaran nol derajat C dengan kadar salinitas 30 - 34 per 1.000. Ini menyebabkan air dingin cepat mengalir dan mendukung kehidupan di dalamnya seperti ikan Cod, kepiting salju, udang dan lainnya. Paus adalah salah satu predator besar di perairan Labrador.
Arus Labrador itu Apa dan Dimana?
Gunung es di atas lautan
Namun penangkapan ikan berlebihan selama dekade terakhir membuat spesies ini semakin menurun populasinya sementara populasi penduduk dan invertebrata semakin melonjak. Budidaya kepiting salju dan udang menghasilkan profit luar biasa di wilayah ini.

Iklim di Kanada Timur dan utara Eropa dipengaruhi oleh Arus Labrador dan Gulf Stream. Melemahnya arus Labrador saat ini akan menghasilkan musim dingin yang ringan di provinsi timur Kanada. Selanjutnya pencairan es berlangsung di Arktik karena pemanasan global akan menambah jumlah volume arus Labrador, memperlambat kecepatan sehingga berdampak pada migrasi anjing laut dan paus beluga putih serta meningkatkan kenaikan muka air laut. 
Gambar: www.heritage.nf.ca, blogs.scientificamerican.co
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search