Jalan-Jalan di Pantai Jogan Gunung Kidul

- February 22, 2017
Indonesia punya garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Jika dulu sebelum media sosial tumbuh pesat, hanya sedikit pantai di Indonesia yang dikenal masyarakat. Namun saat ini berbagai pantai cantik bermunculan seiring meningkatnya kegiatan wisata dan perkembangan media sosial. Salah satunya adalah Pantai Jogan dan Pantai Siung yang berada di Gunung Kidul Jogjakarta.

Tahun lalu saya menyempatkan diri pergi ke sana bersama teman-teman komunitas Blogger Jogja. Saya berangkat bersama 8 orang lainnya pakai motor. Kami berangkat menuju TKP pagi hari jam 8 dengan mangambil rute Jalan Raya Wonosari.

Pokonya dari Ring Road, nanti ikuti aja papan arah menuju Wonosari. Jalan sudah aspal hotmik jadi enak. Perjalanan mulai menarik saat masuk perbatasan Gunung Kidul. Jalanan mulai menanjak berkelok dan masuk wilayah Geopark Pegunungan Sewu. Jika sudah masuk Gunung Kidul maka pemandangan disekitar akan dihiasi oleh batu koral atau karang yang sudah terangkat oleh gaya tektonik selama jutaan tahun. Gambar: emkatourjogja
Jalan-Jalan di Pantai Jogan Gunung Kidul
Air Terjun di Pantai Jogan
Anda akan serasa menyusuri dasar laut purba yang kini sudah menjadi daratan. Bukit-bukit kapur dengan hutan jati disekelilingnya akan banyak dilalui. Semakin dekat pantai, jalan akan semakin sempit jadi anda harus berhati-hati. Rute menuju Pantai Jogan lebih sulit karena harus melewati jalan desa sempit berbatu. Memang pantai ini aksesnya masih kurang baik dan mobil akna sulit masuk. Setelah melwati jalan desa dengna perkebunan jati disekitarnya, sampailah kami di tempat parkir. Deburan ombak sudah terdengar dari parkiran. Anda jangan membayangkan pantai ini seperti pantai pada umumnya, landai, banyak pasir putih dan bisa berenang.

Pantai Jogan ini merupakan pantai tebing karang dengan ombak ganas jadi tidak bisa dipakai berenang. Atraksi menarik di Pantai Jogan adalah air terjun yang berasal dari aliran sungai kecil menuju laut. Erosi sungai menyebabkan batu kapur ter-erosi membentuk tirai menuju samudera. Banyak wisatawan yang berfoto menuruni air terjun (refling). Jika air surut sebenarnya kita bisa turun ke bawah menyusuri pantai karang.

Ada beberapa fasilitas warung makan di Pantai Jogan yang bisa dinikamti wisatawan. Dari tebing karang, terlihat Samuderah Hindia dengan ombaknya yang besar. Jika ingin berfoto di tepi tebing karang, anda harus berhati-hati karena batuan karang licin dan tidak ada batas atau pagar pengaman nya.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search