Jenis Sedimen Dasar Laut

- February 08, 2017
Seluruh permukaan dasar lautan ditutupi oleh partikel-partikel sedimen yang telah diendapkan dalam jangka waktu yang lama dengan ketebalan yang bervariasi. Sedime laut terutama terdiri dari partikel-partikel yang berasal dari hasil pembongkaran batuan dan potongan kulit serta sisa-sisa rangka organisme laut yang telah mati.

Sedimen cenderung didominasi oleh satu atau beberapa partikel namun mereka tetap terdiri dari ukuran yang berbeda-beda. Biasanya untuk melihat ukuran partikel bisa menggunakan skala Wentworth. Sedimen di dasar laut dalam seperti Palung akan lebih halus dibadning sedimen di laut dangkal.

Kedalaman sedimen di dasar lautan tidak seragam tapi bervariasi dan banyak sedimen tidka pernah sampai hingga dasar lautan namun terjebak hanya pada lereng benua atau delta sungai besar. Selama bertahun-tahun beberapa lereng benua dapat menyimpan sedimen hingga beberapa kilometer tebalnya. 
Jenis Sedimen Dasar Laut
Sedimen Dasar Laut
Klasifikasi sedimen juga bisa berdsarkan asal sedimen itu sendiri yaitu:
1. Sedimen Ltihogeneous
Merupakan sedimen yang berasal dari sisa pengikisan batuan di darat. Partikel batuan diangkut dari daratan ke lautan oleh air hujan dan oleh sungai.

2. Sedimen Biogenous
Merupakan sedimen yang berasal dari sisa-sisa rangka organisme hidup yang membentuk partikel halus (ooze). Sedimen ini digolongkan ke dalam 2 tipe yaitu Calcareous dan Siliceous.

3. Sedimen Hidrogenous
Merupakan sedimen yang terbentuk dari hasil reaksi kimia dalam air laut contohnya bongkahan mangan yang berasal dari endapan lapisan oksida dan hidroksida besi dan mangan.

4. Sedimen Cosmogenous 
Merupakan sedimen yang berasal dari berbagai sumber dan masuk ke dalam laut melalui jalur media udara. Sedimen jenis ini dapat berasal dari luar angkasa, aktifitas gunung api/berbagai partiel darat yang terbawa angin. Material yang berasal dari luar angkasa merupakan sisa-sisa meteorik yang meledak di atmosfer dan jatuh di laut. 
Gambar: https://www.kochi-u.ac.jp/
Jenis Sedimen Dasar Laut
Sedimen Dasar Laut
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search