Manfaat SIG Menganalisa Permainan Sepak Bola

- February 16, 2017
SIG atau Sistem Informasi Geografi merupakan suatu alat bantu geografi yang sangat penting saat ini. Tidak ada fenomena yang tidak bisa dianalisa dengan SIG tak terkecuali sepakbola. Sepakbola merupakan permainan taktikal yang didalamnya ada perpindahan pemain dalam satu ruang lapangan dalam 2 x 45 menit. Dalam hal ini sepakbola merupakan strategi keruangan dan SIG memiliki peran vital dalam mengetahui pola permain sebuah tim sepak bola diatas lapangan.

Analisis permainan telah menjadi kebutuhan dalam sebuah klub profesional, tim nasional dan dalam saebuah turnamen. Penggunaan Global Positioning System (GPS) telah digunakan dalam pelatihan, dimana ruang lapangan dioptimalkan untuk penempatan pemain yang tepat, melacak gaya permainan dan melihat posisi rekan atau lawan saat menyerang atau bertahan misalnya.

Data statistik dapat berupa cluster atau pola garis pemain yang dapat melihat seberapa dekat atau jauh pemain satu sama lain selama pertandingan berlangsung. Data teknik juga memungkinkan tim memantau pemain mereka sendiri selama satu musim sehingga akan muncul hasil atau skor akhir untuk pemain bersangkutan dalam satu musim.
Manfaat SIG Menganalisa Permainan Sepak Bola
Peta Alur Pemainan Sepak Bola
Cara lain untuk menganalisa efektifitas permainan adalah dengan memantau perubahan posisi seorang pemain terhadap lawannya yang sedang memegang bola. SIG dapat melihat kecenderungan alur serangan sebuah tim sehingga akan mendapatkan jalan keluar untuk mengatasinya. Data statistik pola gerak pemain di atas lapangan juga bisa menandakan seberapa kuat lawan, seberapa efektif serangan dan dimana letak keunggulan dan kelemahan lawan. Inilah sumbangsih SIG di bidang olahraga khususnya sepakbola yang kini semakin maju. Saat anda menyaksikan pertandingan di LIga Top Eropa tentu pasti akan disajikan statistik pertandingan hingga pola pergerakan pemain di lapangan menit per menit. 

SIG sudah menjadi bagian dari bagaimana cara membangun sebuah tim sepakbola yang besar. Hal ini terkait dengan investasi tim tersebut di masa depan. Pemain yang sekiranya punya kecerdasan ruang gerak yang baik di lapangan tentu menjadi pilihan pelatih. Tidak ada saat ini prestasi hanya dibangun dengan bakat alamiah saja. Semua ada bantuan teknologi untuk membuat pemain menjadi lebih cerdas secara spasial dan bisa mengembangkan permainan di atas lapangan.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search