Manis Manggis Tasik dan Sejuta Manfaatnya

- February 18, 2017
Manggis atau manggu (bahasa Sunda), siapa yang tidak kenal salah satu buah tropis ini. Buah bernama latin Garcinia Mangostana ini dijuluki pula dengan Ratu Buah karena sejuta manfaatnya. Buah Manggis termasuk tipe buah musiman dan hanya satu kali panen semusim, jadi tentu anda punya kesempata setahun sekali untuk mendapatkannya. Kabupaten Tasikmalaya adalah salah satu sentra penghasil manggis di Jawa Barat bahkan Indonesia.

Sebaran lokasi kebun Manggis di Tasikmalaya antara lain di Kecamatan Salawu, Sodonghilir, Tanjungjaya, Puspahiang, Bojonggambir, Sukaraja dan Jatiwaras. Di dekat rumah orang tua saya di Tasikmalaya juga banyak terdapat pohon manggis. 

Pohon Manggis dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan tipe tanah pegunungan podzolik merah kuning. Kabupaten Tasikmalaya memiliki kenampakan fisiografi pegunungan dengan suhu relatif dingin sehingga cocok untuk tumbuh kembang Manggis.
Manis Manggis Tasik dan Sejuta Manfaatnya
Buah Manggis
Di Kabupaten Tasikmalaya, budidaya buah berwarna ungu ini masih bersifat turun temurun dan tidak dikembangkan dalam skala produksi besar sehingga ketika berbuah kapasitasnya tidak terlalu banyak. Namun, saat panen tiba manggis ini bisa diekspor hingga ke luar negeri. Puncak panen Manggis terjadi di kisaran bulan Januar, Februari dan Maret kalau tidak ada hambatan anomali cuaca.

Manggis memiliki banyak khasiat baik buah maupun kulitnya. Buah manggis yang berwarna putih sangat manis dengan sensai kecut sedikit di lidah. Manggis sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas sehingga akan mencegah penuaan dini. Selain itu kulit manggis dipercaya dapat melumpuhkan sel-sel bibit kanker dalam tubuh. Banyak beragam artikel yang memuat khasiat kulit manggis ini meskipun penelitian kedokteran masih berlangsung dan belum menyimpukan kebenarannya. Buah ini sangat nikmat disantap pada saat cuaca panas terik.
Manis Manggis Tasik dan Sejuta Manfaatnya
Pohon Manggis
Pohon Manggis mulai berbuah secara alami jika sudah mencapai umur 10 tahun. Lumaya lama bukan?. Di kota besar, buah ini masuk kategori buah mahal jika dijual di supermarket. Sementara itu jika anda ingin mendapatkan harga lebih murah maka lebih baikahar berkunjung ke Tasikmalaya saat musim panen manggis tiba. Saya sendiri termasuk penggemar buah manggis ini dan sering membeli banyak kalau mudik ke Tasik. Jadi kalau kamu ke Tasik, jangan lupa beli oleh-oleh manggis khas Tasik ya?.
Gambar: gardeningknowhow, industri.bisnis.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search