Mau Puas Membaca? Pergi Ke 5 Perpustakaan Terbesar di Dunia Berikut Ini!

- February 01, 2017
Membaca adalah salah satu cara menambah wawasan pengetahuan. Salah satu lokasi favorit untuk membaca adalah di perpustakaan. Di Indonesia sendiri masih jarang sekali ditemukan perpustakaan yang besar dan menarik minat baca masyarakat. Beda halnya dengan di negara maju, kali ini saya akan berikan 5 perpustakaan terbesar di dunia yang pastinya akan membuat anda betah berlama-lama di sana bersama buku.

5. Perpustakaan Nasional Russia
Perpustakan Nasional Russia (The Russia State Library) merupakan perpustakaan tebesar nomor lima di dunia dan disini setidakya satu salinan publikasi orang Rusia disimpan. Saat ini di perpustakaan tersebut tersedia 17 juta buku serta gudang dari 13 juta jurnal, 150 ribu peta dan ribuaan catatan musik dan skor. Koleksi-koleksi sastra dan musik tersebut tersimpan rapi di rak penyimpanan yang mencapai total 275 km jika dihitung panjangnya. Perpustakaan ini terletak di Moscow dan bebas diakses setiap warga. Perpustakaan ini mulai dibangun sejak 1 Juli 1862.

4. Perpustakaan New York
Perpustakaan Umum New York terkenan di dunia dengan koleksi hampir 53 juta produk buku, majalah, catatan musik dan publikasi lain serta album. Perpustakaan ini didanai pemerintah dan lembaga swasta. Perpustakaan New York memiliki 4 perpustakaan penelitian, perpustakaan cabang di Bronx, State Island dan Manhattan dan beberapa afiliasi perpustakaan kecil. Cabang utama perpustakaan terletak di Fifth Avenue di New York di persimpangan dengan 42nd Street.
Mau Puas Baca? Pergi Ke 5 Perpustakaan Terbesar di Dunia Berikut Ini!
Salah Satu Sudut British Library
3. Perpustakaan dan Arsip Kanada
Negara di utara Amerika ini menjadi rumah bagi perpustakaan terbesar ketiga di dunia dan terletak di Wellington Street 395, Ottawa dan dikelola langsung oleh pemerintah federal. Lembaga ini diberikan tugas untuk menjaga dokumen warisan Kanada. Koleksi perpustakaan ini mencakup hampir 20 juta buku, 24 juta foto, arsip swasta dan pemerintah, majalah aborigin, non fiksi, film fiksi, majalah Kanada dan lainnya. Beberapa arsip berharga disini adalah proklamasi Kanada, Pakta Inggris Amerika Utara, kursi Glenn Gould dan buku 1st Century karya Flavius Josephus.

2. Perpustakaan Kongres AS
Perpustakaan ini adalah perpustakaan terbesar di Amerika Serikat dan kedua di dunia. Pemilikny adalah Lembaga federal di Capitol Hill, Washington DC. Perpustakaan ini merupakan rumah penelitan di dunia. Sekitar 450 bahasa di dunia dapat ditemukan asal usulnya di sini. Perpustakaan ini dibangun pada 1800 dan disaksikan oleh Perang tahun 1812-1815 dengan Inggris. Perpustakaan kemudian berkembang setelah perang saudara dan mulai menerima berbagai hasil penelitian di dunia. Meski terbuka untuk umum namun untuk tur, hanya pejabar pemerintah yang dapat mengakses buku dan hasil penelitian lain. Beberapa project perpustakaan ini antara lain untuk mempromosikan sastra dan seni Amerika.

1. British Library
Perpustakaan ini merupakan yang terbesar di dunia dan menjadi rumah dari hapir 170 jut abuku, manuskrip, majalah, rekaman musik, paten database dan banyak lagi. Perpustakaan ini milik Inggris dan terlerak di London dan didirikan oleh British Library Act tahun 1972. Beberapa koleksi penting di perpustakaan ini adalah catatan Leonardo da Vinci, Codez Arundel, Gutenberg Bibels dan manuskrip Lewis Carroll "Alice's Adventures Under Ground". Sumber: worldatlas
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search