Paralaks Bintang, Aberasi dan Gerak Presesi

- February 20, 2017
Kalau kamu menyukai dunia astronomi maka akan sangat tidak asing dengan istilah paralaks bintan, aberasi cahaya atau gerak presesi. Ketiga istilah tersebut merupakan istilah yang mengambarkan fenomena Bumi kita sebagai sebuah planet di tata surya. 

Paralaks Bintang
Coba saat malam hari yang cerah, kamu lihat ke atas langit dan akan nampak bintang-bintang di sana. Jika kamu merekam suasana langit dengan kamera maka akan kelihatan bintang seakan-akan bergeser membentuk lingkaran pada bola langit. Sudut yang dibentuk antara bintang dengan bidang proyeksi pada bola langit sangat kecil karena jarak bintang dengan bumi ini sangat jauh.
Paralaks Bintang, Aberasi dan Gerak Presesi
Paralaks Bintang
Paralaks bintang artinya sudut yang diapit oleh garis penghubung antara bintang ke kedua ujung jari-jari lintasan bumi. Orang awam mungkin akan mengira paralaks bintang ini cukup besar namun sudut paralaks bintang paling besar hanya 0.76" atau 76 per seribu detik busur. Paralaks bintang terkecil yaitu Alpha Centaury dalam rasi Centaurus yang berjarak 4.3 tahun cahaya (1 detik cahaya = 300.000 km). Jadi Alpha Centaury merupakan bintang paling dekat dengan Bumi dan bintang lainnya punya jarak yang jauh sekali dan tidak bisa dilihat oleh mata manusia kecuali dengna teleskop modern.

Aberasi Cahaya
Pernah kamu naik bis/mobil? saat hujan tiba?. Saat kamu berhenti dan di luar tidak ada angin maka air hujan akan terlihat turun tegak lurus dari atas. Lalu saat mobil bergerak semakin cepat maka kamu akan menemukan air hujan sekarang akan jatuh dalam arah miring bukan?. Penyimpangan itu disebabkan oleh benda yang kita tumpangi bergerak. Penyimpangan ini dinamakan aberasi.

Saat astronom menggunakan teleskop mengamati bintang, sementara cahaya bintang menempuh perjalanan menuju lensa teleskop, sementara itu juga bumi bergeser karena berotasi dan berevolusi. Jadi cahaya bintang tidak jatuh pada titik yang semestinya tapi menyimpang atau sesat ke arah belakang. 

Jadi aberasi cahaya adalah perbandingan antara kecepatan rambat cahaya di atmosfer dengan kecepatan revolusi bumi. Perbandingan kecepatannya adalah 1: 10.000.
Paralaks Bintang, Aberasi dan Gerak Presesi
Aberasi Hujan
Gerak Presesi
Pernahkah kamu main gasing?. Kalau kamu anak generasi 90an pasti pernah mencobanya. Coba lihat saat gasing berputar lalu melambat dan akan berhenti, pasti ia akan bergoyang-goyang sehingga sumbu rotasi gasing itu dalam keadaan miring pada bidang putar nya. Jadi presesi merupakan goyangan sumbu rotasi bumi mengelilingi sumbu ekliptika dengan arah positif dalam periode 26.000 tahun lamanya.
Paralaks Bintang, Aberasi dan Gerak Presesi
Gerak Presesi Bumi
Dampak dari gerak presesi bumi adalah arah sumbu kemiringan bumi akan berubah pula walau perubahan itu tidak terasa signifikaan dalam 10 tahun. Tentu saja kemiringan bidang ekuator terhadap bidang ekliptika juga mengalami perubahan sehingga titik Aries tidak akan tetap pada kedudukannya.

Pada tahun 1950 letak rasi Aries tepat di rasi Aries namun sekarang rasi Aries sudah mendekati rasi Pisces dan 13 ribu tahun lagi Aries akan sampai di rasi Libra. Jadi dampak presesi bumi adalah:
- perubahan letak kutub langit bumi
- perubahan letak titik Aries
Gambar: www.answering-christianity.com
www.rvwest.com
wwwhip.obspm.fr/
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search