Pebedaan Utara Peta, Magnetik dan Asli - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Februari 27

Pebedaan Utara Peta, Magnetik dan Asli

Utara atau north adalah sebuah nama arah mata angin pada kompas. Dalam budaya barat, utara merupakan arah utama. Karena itulah utara selalu ditandai dengan panah. Utara biasa dicantumkan pada bagian atas sebuah peta. Dalam navigasi, utara dinyatakan sebagai titik awal 0⁰.

Dalam dunia kartografi atau ilmu pemetaan, dikenal tiga macam arah utara yaitu:
- utara peta (Grid North)
- utara sebenarnya (True North)
- utara magnetis (Magnetic North)
Pebedaan Utara Peta, Magnetik dan Asli
Perbedaan Utara Magentik dengan Utara Sebenarnya
Utara peta merupakan arah utara yang ditunjukkan dengan garis-garis tegak lurus vertikal (sumbu y). Garis ini dihasilkan dari proyeksi bujur dan lintang bumi pada peta sehingga menjadi sistem koordinat atau grid. Ini disebabkan bentuk bumi yang bulat sehingga saat dibuat datar, garis bujur yang harusnya bertmu di kutub tidak bisa terjadi. 

Utara sebenarnya merupakan kutub utara bumi yang pada peta disimbolkan dengan tanda arah panah atau bintang. Tanda tersebut mengarahkan pembaca ke arah utara sebenarnya sesuai garis lintang bumi.

Utara magnetis adalah arah yang dihasilkan oleh sudut kompas dari suatu lokasi tertentu ke arah kutub utara magnetis bumi yang terletak dekat Greenland. Sudut yang dihasilkan antar utara sebenarnya dinamakan sudut deklinasi. 

Sumber: sailtrain.co.uk, met.sysu.edu.cn

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close