Sensasi Pedas Tahu Gejrot Cirebon - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Februari 18

Sensasi Pedas Tahu Gejrot Cirebon

Saya pertama kali membeli Tahu Gejrot saat dulu masih kecil, umur nya lupa lagi yang jelas antara SD kelas 4-6. Waktu itu ada tukang tahu gejrot yang dagang keliling rumah setiap sore hari. Pertama beli memang karena penasaran dan sekali coba ternyata rasanya nendang sekali. 

Tahu gejrot merupakan jajanan khas kota Cirebon yang sudah terkenal dan sangat menggoyang lidah. Baca juga: Jalan-jalan ke Nglanggeran

Tahu gejrot ini pada dasarnya merupakan tahu pong yang disiram oleh kuah asam manis pedas. Bahan bumbunya pun sederhana yaitu garam, gula merah, terasi, cabe, bawang putih dan bawang merah. Semua bumbu digerus diatas mangkuk kecil dari tanah liat. 
Setelah itu tahu dimasukan dan diaduk dengan kuah yang sampai saat ini saya belum mengetahui bahannya apa (pastinya ada gula merah). 

Mungkin kuah ini menjadi rahasia tersendiri sehingga membuat tahu gejrot selalu menggungah selera. Perpaduan kuah dengan bumbu dapur Indonesia yang meresap ke dalam tahu membuat sensasi yang luar biasa.
Sensasi Pedas Tahu Gejrot Cirebon
Tahu Gejrot Dulu Coy
Belasan tahun telah berlalu, kini saya sudah pindah-pindah kerja dari mulai ke Banjarmasin lalu sekarang berlabuh di kota Bekasi. Dulu ketika masih di Banjarmasin, saya menemukan tukang dagang tahu gejrot di daerah wisata kuliner Banjarmasin, harganya 10 ribu satu porsi, mahal sekali. Baca juga: Segarnya Telaga Nilem di Kaki Ciremai

Namun setelah saya pindah ke Bekasi, ternyata di sini tukang tahu gejrot banyak mangkal dengan gerobak dorong. Harga satu porsinya murah yaitu 5 ribu saja, kalau mau nambah bisa juga. 

Tentu sebagai pecinta kuliner, saya tak melewatkan untuk mencicipnya, terutama sehabis pulang kerja. Kuliner nusantara ini memang sangat beragam dan tahu gejrot khas Cirebon memang tidak ada duanya.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close