Struktur Kubah Garam (Salt Dome)

- February 23, 2017
Kalian pasti tahu apa itu garam kan?. Namun tahukah bahawa ada struktur kubah garam di bumi ini?. Kubah garam atau salt dome merupakan gundukan atau kolom garam yang telah menerobos lapisan sedimen permukaan bumi. Kubah garam dapat terbentuk dari cekungan sedimen dimana lapisan garam tebal ditutupi oleh sedimen yang lebih muda dengan ketebalan yang cukup besar.

Jika kondisi memungkinkan, kubah garam bisa naik ribuan kaki muncul hingga ribuan kaki dari lapisan garma paling bawah. Perkembangan kubah garam dapat merusak lapisan batuan yang nantinya menjadi cebakan minyak dan gas. Ada setidaknya dua faktor yang memengaruhi terbentuknya kubah garam yaitu:
- sedimen garam terkubur ribuan meter di dalam bumi.
- garam memiliki kemampuan untuk mengalir dan berubah wujud saat berada dalam tekanan tinggi.
Struktur Kubah Garam (Salt Dome)
Struktur Kubah Garam
Di Indonesia sendiri hingga saat ini belum ada indikasi keterdapatan kubah garam karena lingkungan geologi yang tidak mendukung. Kubah garam sering dijadikan ladang tambang garam dan belerang. Selain itu sifat kedap dari garam membuat daerah ini penting untuk penyimpanan bawah tanah atau pembuangan limbah berbahaya.

Untuk membentuk kubah garam, tekanan garam harus cukup tinggi untuk memungkinkan mendobrak lapisan sedimen di atasnya. Ini berkaitan dengan hambatan yang ada disekelilingnya seperti kekuatan batuan gaya gesek dan gravitasi yang menolak pengangkatan.

Dua sumber tekanan yang menghasilkan kubah garam adalah tekanan dari sedimen di atasnya dan tekanan lateral tektonisme. Jika area tidak stabil atau lemah berkembang di atas lapisan sedimen, garam dapat bergerak dan mengganggu lapisan di atasnya. Melemahnya permukaan sedimen bisa diakibatkan retakan, berkembangnya antiklin, sesar atau erosi. 
Struktur Kubah Garam (Salt Dome)
Kubag Garam Sir Bani Yas UEA
Setelah garam mengalir, maka ia akan terus merangsak naik ke permukaan bumi. Aliran akan berhenti saat garam telah berada pada ketinggian dimana kondisi kesetimbangan muncul. 

Kubah garam dapat memiliki struktur yang besar. Inti kubah garam mencapai 1/2 mil hingga 5 mil. Batuan induk sumber kubah garam bisa memiliki ketebalan ratusan hingga ribuan kaki. Kubah garam jarang mencapai permukaan bumi dan hanya membentuk struktur cembung dari atas permukaan tanah.

Kubah garam sangat penting sebagai reservoir minyak dan gas alam, sulfur, sumber garam dan tempat penyimpanan. Banyak negara kaya seperti Uni Emirat Arab menjadi kaya karena disana terdapat kubah garam yang menjadi ladang minyak. Saat kubah garam tumbuh, minyak akan bermigrasi ke zona cebakan. Kubah garam pertama kali ditemukan di Texas pada 1900 lewat eksplorasi minyak di Spindletop Hill. 
Gambar: NASA,  oldearthmygod
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search