Upaya Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan

- February 18, 2017
Lingkungan hidup saat ini sangat rentan dengan kerusakan karena adanya dominasi manusia. Pelestarian lingkungan hiudp harus dilakukan agar keseimbangan kehidupan di bumi senantiasi terjaga. Pelestarian lingungan merupakan secara harfiah dapat diartikan sebagai serangkaian upaya untuk menlindungi kemampuan lingkungan hiudp terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh berbagai kejadian agar tetap mampu mendukung kehidupan mahluk hidup.

Berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup antara lain:
1. Upaya Pelestarian Hutan
Contoh upaya yang dilakukan melalui penerapan tata guna lahan, melakukan tebang pilih, reboisasi dan sistem tumpang sari. Sistem tumpang sari dilakukan dengan cara menanam tanaman pangan diantara pohon keras. Setelah lima ahuan saat pohon tumbuh besar maka sistem tumpang sari tidak dilakukan lagi. Selain itu pelestrian hutan juga dapat dilakukan dengan cara membuat zonasi peruntukan hutan agar tidak sembarangan dialihfungsikan atau ditebang untuk kepentingan tertentu.

2. Upaya Pelestarian Flora Fauna
Upaya pelestarian juga harus dilakukan pada berbagai varietas asli tanaman, misalnya Anggrek Bulan dan Padi Jeni Cianjur atau jenis flora endemik yang terancam punah seperti Harimau Sumatera. Pembangunan cagar alam atau penangkaran satwa diharapkan mampu menjaga keberlangsungan hidup flora dan fauna yang sudah terancam punah.
Upaya Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan
Manajemen Sampah Modern
3. Upaya Pelestarian Tanah dan Sumber Daya Air
Pelestarian sumber daya tanah dan air dapat dilakukan dengna cara mencegah pencemaran dan menghemat penggunaan air. Mekanisme pembuangan limbah pabrik harus jelas dan tidak boleh langsung dialirkan ke sungai atau tanah karena akan merusak di kemudian hari. Sampah juga harus dibuang ke tempatnya dan tidak boleh dibuang ke saluran air atau di pinggir jalan.

4. Upaya Pelestarian Sumber Daya Udara
Udara sangat penting bagi kehidupan karena di dalamnya ada oksigen yang dibutuhkan mahluk hidup untuk bernafas. Pelestarian udara dapat dilakukan dengan cara mengurangi limbah asap ke udara dan menambah julam ruang terbuka hijau khususnya di perkotaan. 

Lalu bagaimana peran kita di rumah agar ambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan hidup?
1. Matikan listrik jika tidak digunakan.
2. Mengurangi penggunaan pupuk kimia dan insektisida.
3. Menghemat penggunaan air di rumah.
4. Membuang sampah pada tempatnya dan dipisahkan menurut jenisnya.
5. Menamam bibit pohon secara berkala.
6. Tidak membang limbah rumah tangga ke selokan depan rumah.
7. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. 
Gambar: http://roar.lk
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search