5 Planet Yang Kemungkinan Dihuni Alien

- March 13, 2017
Ada jutaan bahkan mungkin milyaran dan mungkin lagi triliunan planet di alam semesta ini namun Bumi menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh kehidupan yang kompleks. Lalu bagaimana planet-planet lainnya di alam semesta inin?. Apakah ada kemungkinan mahluk lain hidup di sana?. Para ilmuwan menduga hingga saat ini ada setidaknya 5 planet potensial yang mungkin bisa dihuni oleh Alien.
5 Planet Yang Kemungkinan Dihuni Alien
5 Planet Alien
1. Gliese 581g
Planet batu ini ditemukan pada September  2010. Gliese 581g, berjarak sekitar 20 tahun cara dari Bumi dengan ukuran dua hingga tiga kali lebih besar dari Bumi. Planet ini berputar mengelilingi bintang induknya setiap 30 tahun sekali. Jarak dengan bintang induknya membuat planet tersebut masuk kategori "habitable zone" sehingga kemungkinan air bahkan kehidupan bisa eksis disana.

2. Gliese 667Cc
Planet ini ditemukan pada Februari 2012 oleh tim yang sama dengan penemuan Gilese 581g. Planet kemerahan ini berjarak 22 tahun cahaya di arah konstelasi bintang Scorpion. Massa planet ini sekitar 4.5 kali massa Bumi dan mengorbit setiap 28 hari.  Paling tidak ada satu planet lain lagi yang mengitari bintang induk dari planet Gliese 667Cc.

3. Kepler-22b
Planet ini ditemukan oleh NASA pada Desember 2011. Planet Kepler punya lebar 2.4 kali planet Bumi. Jika efek rumah kaca terbentuk di Kepler maka permukaan planet tersebut bisa mencapai 22 derajat C dan memungkinkan alien-alien hidup.

4. HD 85512b
Planet ini merupakan planet kebumian lain dengan ukuran 3.6 kali Bumi. Planet Alien ini ditemukan pada jarak 35 tahun cahaya dari Bumi di arah konstelasi Vela. Planet ini punya perkiraan suhu permukaan 25 derajat Celcius sehingga memungkinkan adanya suatu unit kehidupan.

5. Gliese 581d
Planet ini punya massa tujuh kali lebih besar dari Bumi dengan orbit sama dengan kembarannya yaitu Gliese 581d. Ketika 581d pertama kali ditemukan pada 2007, banyak ilmuwan mengira planet ini terlalu dingin untuk dihuni kehidupan. Namun akhir-akhir ini, astronomi memperkirakan bahwa ada efek rumah kaca di palnet tersebut sehingga suhu permukaannya bisa hangat seperti Bumi. Gambar: universetoday
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search