8 Jenis Tanah di Indonesia

- March 06, 2017
Tanah merupakan bahan bentukkan alam yang berasal dari pelapukan batuan. Perkembangan tanah di berbagai penjuru dunia berbeda-beda dipengaruhi oleh berbagai faktor terutama batuan induk, iklim, organisme, topografi dan waktu. Di Indonesia variasi jenis tanah sangat banyak mulai dari daerah dataran rendah, pegunungan hingga rawa. Berikut ini jenis-jenis tanah di Indonesia:
1. Tanah Aluvial
Merupakan tanah yang terbentuk dari hasil sedimentasi material halus oleh aliran sungai. Tanah aluvial terdapat di wilayah pantai timur Suamtera, pantai utara Jawa serta di sepanjang sungai seperti Barito, Mahakam, Musi, Begawan Solo, Serayu hingga Citarum.
8 Jenis Tanah di Indonesia
2. Tanah Andosol
Merupakan tanah yang terbentuk dari abu vulkanik gunung api. Sebaran tanah ini ada di lereng gunung api seperti di lereng Gunung Sinabung, Merapi, Kelud, Batur, dan Rinjani.
8 Jenis Tanah di Indonesia

3. Tanah Regosol
Tanah ini terbentuk dari hasil sedimentasi abu vulkanik baru bertekstur kasar. Sebarannya ada di Jawa, Bali dan Nusa Tengggara.
8 Jenis Tanah di Indonesia
4. Tanah Grumosol
Tanah ini terbentuk dari material halus lempung serta memiliki warna kelabu hitam dengan tingkat kesuburan tinggi. Jenis tanah ini cocok untuk budidaya padi, jagung, kedelai atau tanaman pertanian lain. Sebarannya ada di Jawa Tengah, Sumatera dan Sulawesi.
8 Jenis Tanah di Indonesia

5. Tanah Kapur
Terbentuk karena adanya pengaruh pelapukan yang mengubah batuan kapur menjadi tanah kapur. Sebaran tanah ini ada di wilayah perbukitan kapur seperti Gunung Kidul, Pacitan dan Karangnunggal Tasikmalaya.
8 Jenis Tanah di Indonesia
6. Tanah Litosol
Tanah ini terbentuk karena batuan beku yang mengalami pelapukan lanjut. Sebarannya di wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Papua.
8 Jenis Tanah di Indonesia
7. Tanah Gambut
Merupakan tanah organik yang berasal dari pembusukan sisa tumbuhan rawa. Sebarannya meliputi wilayah Rawa di Kalimantan bagian Selatan, Sumatera bagian Timur dan Papua bagian selatan. Tanah ini bertipe asam dengan sirkulasi air buruk.
8 Jenis Tanah di Indonesia
8. Tanah Podzolik
Tanah ini terbentuk dari batuan induk pasir dan punya tingkat kesuburan rendah. Sebarannya meliputi Jawa, Bali, dan Lombok.
8 Jenis Tanah di Indonesia
Gambar: flickr, Mongabay, geocases
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search