Geografi Manusia dan Cabang Ilmunya

- March 28, 2017
Geografi manusia merupakan cabang geografi yang bidang kajiananya adalah aspek aspek keruangan gejala di permukaan bumi dengan manusia sebagai objek pokok studinya. Objek pokok studi geografi manusia mencakup aspek kependudukan, aspek aktifitas yang meliputi aspek ekonomi, politik, sosial dan budayanya.

Berdasarkan pendekatan topik dan struktural dalam melakukan studi aspek kemanusiaan maka geografi manusia dibagi menjadi beberapa disiplin ilmu yaitu:

1. Geografi Penduduk
Geografi Penduduk merupakan cabang dari geografi manusia yang objek kajiannya adalah aspek keruagan penduduk. Objek studi ini mencakup penyebaran, densitas, perbandingan jenis kelamin, perbandingan manusia dengan luas lahan dan sebagainya.

Dalam geografi penduduk, manusia dipelajari sebagai penghuni suatu ruang atau wilayah, dianalisa kualitas dan kuantitasnya sesuai dengan wilayah yang dihuni, dianalisa perbandingan jumlah penduduk dengan luas lahan yang dihuni, dianalisa penyebaran dan densitasnya dari satu wilayah ke wilayah lain dengan memerhatikan faktor lingkungan geografi yang memengaruhinya serta dianalisa pertumbuhannya sesuai dengan wilayah yang ditempati dan lainnya. Dengan kata lain aspek keruangan yang berkaitan dengan manusia sebagai penduduk suatu wilayah menjadi bahan interpretasi dan analisa studi Geografi Penduduk.

2. Geografi Ekonomi
Geografi Eknomi merupakan cabang geografi manusia yang bidang kajiannya merupakan struktur keruangan aktifitas ekonomi manusia penghuni wilayah. Hal ini menunjukkan bahwa fokus utama kajiannya adalah aspek keruangan struktur ekonomi manusia. Dari sini lahirlah berbagai teori seperti Central Place Theory, Location Theory, Teori Kutub Pertumbuhan dan lainnya.
Geografi Manusia dan Cabang Ilmunya
Mobilitas Penduduk di Bangladesh
3. Geografi Politik
Geografi Politik merupakan cabang geografi manusia yang bidang kajiannya adalah aspek keruangan pemerintahan dan kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional pemerintahan atau kenegaraan di permukaan bumi. Pada geograif politik, lingkungan geografi dijadikan dasar bagi perkembangan dan hubungan kenegaraan.

Bidang kajian geografi meliputi aspek keruangan, aspek politik, aspek hubungan regional dan internasional. Secara ruang lingkup, geografi politk sangat luas karena meliputi empat bidang kajian yaitu geografi, sejarah, politk dan hubungan internasional.

4. Geografi Pemukiman
Geografi Pemukiman merupakan kajian geografi berkenaan dengan perkembangan pemukiman di suatu wilayah di permukaan bumi. Bahasan yang dibahas pada Geografi Pemukiman yaitu bilamana suatu wilayah mulai dihuni manusia, bagaimana perkembangan pemukiman tersebut hingga membentuk pola tertentu, dan faktor yang memengaruhi perkembangannya. Kajian geografi pemukiman sangat erat hubungannya dengan sejarah dan perekonomian suatu wilayah. Bidang kajian utama geografi pemukiman adalah sebaran dan relasi keruangan pemukiman itu sendiri.

5. Geografi Sosial
Geografi Sosial merupakan cabang geografi manusia dengan kajian utama yaitu karakteristik penduduk, organisasi sosial, unsur kebudayaan dan kebudayaan. Kajiannya juga bisa didampingi dengan sosiologi dan antropologi. Pemukiman, ras, bahasa dan keperayaan dapat dimasukkan dalam bidang kajian geografi sosial.
Sumber: Geografi Sebuah Pengantar, Iwan Hermawan. 9dirty.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search