Kapilaritas dan Manfaatnya di Kehidupan

- March 06, 2017
Sebelum membahas tentang kapilaritas, mari kita lihat dahulu apa yang terjadi bila suatu bejana berhubungan (berbentuk U) kita isi dengan zat cair. Siapkan sebuah bejana berhubungan lalu tuangkan air ke dalam bejana berhubungan tersebut, dan perhatikan ketinggian air dalam kedua kakinya. Tampak di gambar bawah bahwa permukaan air dalam kedua kaki bejana di bawah memiliki keitnggian yang sama. Peristiwa ini kita sebuat dengan asas bejana berhubungan yaitu sama tingginya permukaan zat cair jika bejana berhubungan diisi zat cair sejenis.
Kapilaritas dan Manfaatnya di Kehidupan
Percobaan Kapilaritas
Berlakukan asas bejana berhubungan jika kedua kaki bejana kamu ganti dengan pipa-pipa kapiler?. Pipa kapiler merupakan pipa yang garis tengahnya cukup kecil. Setelah kamu lakukan percobaan, maka pasti akan ada persitiwa dinama makin kecil lubang pipa kapiler, makin tinggi naiknya zat cair di dalam pipa kapiler. Peristiwa naiknya air dalam pipa kapiler menunjukkan bahwa asas bejana berhubungan tidak berlaku untuk bejana yang berbentuk kapiler.

Peristiwa naik atau turunnya zat cair dalam pipa kapiler disebut kapilaritas. Apakah penyebab kapilaritas?. Penyebabnya tentu saja kohesi dan adhesi. Air naik dalam pipa kapiler karena adhesi lebi hbesar daripada kohesi. Sedangkan raksa turun dalam pipa kapiler karena kohesi lebih besar dari adhesi.

Manfaat kapilaritas dalam kehidupan
Gejala kapiler berperan dalam peristiwa naiknya minyak tanah melalui sumbu kompor. Bagian bawah sumbu tercelup dalam wadah minyak tanah yang terdapat pada bagian dasar kompor. Minyak segera meresap ke atas melalui sumbu karena gejala kapiler dan membasahi seluruh sumbu. Disini sumbu berfungsi sebagai pipa kapiler.

Gejala kapiler juga berperan pada sifat menghisap cairan beberapa benda seperti kain dan kertas isap.  Jika ujung handuk kamu masukkan dalam air maka air akan seera meresap ke aras karena gejala kapiler dan membasahi seluruh bagian handuk.

Gejala kapiler memainkan peranan penting dalam hal mengisap air dalam tumbuhan. Daya kapiler menyebabkan air dapat naik dari akar yang ada di dalam tanah menuju daun dan batang. Disini pembuluh kayu berfungsi sebagai pipa kapiler.
Kapilaritas dan Manfaatnya di Kehidupan
Kapilaritas pada tumbuhan
Masalah yang ditimbulkan kapilaritas
Selain bermanfaat, kapilaritas juga menimbulkan masalah di kehidupan. Salah satu contohnya adalah basahnya dinding dalam rumah pada waktu hujan tiba. Air hujan yang mengenai dinding luar dapat merembes ke dinding dalam melalui pori-pori dinding karena gejala kapiler. Pori-pori pada dinding terbentuk karena campuran adukan semen yang tidak tepat atau terlalu banyak air. Untuk mengatasi masalah ini tentu saja campuran adukan semen haruslah tepat sehingga tidak terbentuk pori yang berfungsi sebagai pipa kapiler.

Pada musim hujan tiba, bagian dinding bawah yang dekat tanah akan berair. Air ini dapat melalui batubata menuju atas dan membasahi dinding sehingga dinding rumah menjadi lembab. Dinding rumah yang lembab tidak sehat bagi penghuninya karena itu harus diatasi. 

Untuk mengatasi hal diatas, rumah didesain memiliki suatu lapisan perintang kedap air yang khusus dipasang di lapisan batu bata yang dekat tanah. Lapisan perintang juga akan menghentikan naiknya air ke atas dindign rumah.
Gambr: 
first-learn.com
howtoexam.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search