Konsep Geografi Getrude Whipple dan Penjelasannya

- March 05, 2017
Untuk memahami berbagai fenomena geosfer, maka seorang geograf harus memiliki pemahaman dasar mengenai konsep geografi. Konsep geografi adalah suatu istilah-istilah yang mengandung makna yang bersifat geografi di dalamnya. Kalau dalam ilmu matematika kamu akan mengenal konsep bilangan bulat, primer, pecahan dan lainnya. Kalau di geografi, konsep-konsep tersebut bermacam-macam.

Ikatan Geograf Indonesia merumuskan konsep geografi ada 10 sementara itu berbagai ahli lain juga mencoba memberikan penjelasan tentang konsep geografi. Getrude Whipple adalah seorang geograf yang punya sumbangsih besar dalam geografi terkait konsep geografi. Ada lima konsep geografi yang disampaikan oleh Getrude Whipple yaitu:

The Earth as a Planet
Konsep ini menjelaskan bahwa bumi adalah salah satu bagian dari anggota tata surya. Bumi punya karakteristik unik dibanding planet lainnya di alam semesta yaitu kemampuannya untuk mendukung kehidupan. Semua unsur yang mendukung terciptanya kehidupan telah ada di bumi mulai dari oksigen, air, tanah, batuan dan lainnya. Belum ada planet lain yang punya keunikan dan kemampuan untuk mendukung kehidupan selain bumi.

Varied Ways of Living
Sebagai sebuah planet kehidupan, bumi tentu memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Mulai dari daerah tandus di gurun, daerah lembab di hutan hujan hingga daerah dingin di kutub dan dasar samudera yang gelap dan dalam, akan ditemukan bentuk kehidupan. Keberagaman bentuk permukaan bumi menyebabkan terjadinya adaptasi mahluk untuk bertahan hidup. Manusia yang hidup di daerah dekat kutub akan punya cara tersendiri untuk bertahan hidup dan berbeda dengan manusia yang hidup di daerah hutan tropis pedalaman atau di daerah gurun pasir.
Konsep Geografi Getrude Whipple dan Penjelasannya
Lokasi adalah konsep utama geografi
Varied Natural Region
Sejak bumi ini lahir, perubahan-perubahan terus terjadi oleh gaya endogen dan eksogen. Dari yang awalnya bola panas, bumi berkembang menjadi planet dingin dengan berbagai variasi kenampakan mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, rawa, dan lainnya. Gaya endogen dan eksogen telah menghasilkan kreasi bentukan-bentukan khas di planet bumi.

The Significance of  Region to Man
Region atau wilayah di bumi ini bervariasi dan punya keunikan masing-masing. Sejak manusia pertama turun ke bumi, maka wilayah memerankan peranan penting dalam penyebaran berbagai jenis peradaban. Berbagai peradaban manusia berkembang sesuai denga karakteristik wilayahnya. Contohnya Peradaban Mesir berkembang di daerah lembah sungai Nil, sementara peradaban Mesopotamia berkembang di dekat Sungai Tigris dan Sungai Eufrat. Wilayah memerankan peran penting bagi perkembangan kehidupan manusia diatasnya.

The Importance of Location in Understanding World Affairs
Lokasi merupakan konsep awal dari geografi. Dengan memahami lokasi tertentu maka nantinya akan diperoleh informasi tentang mengapa sesuatu dapat terjadi disana. Mengapa tsunami dapat menerjang Aceh?. Mengapa tornado banyak terbentuk di Amerika Serikat?. Mengapa pulau Jawa subur?. Semua dapat dijawab dengan memahami dulu lokasi terjadinya suatu fenomena. Gambar: maps.maphill.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search