Manfaat Peta di Kehidupan Sehari-Hari

- March 20, 2017
Peta saat ini menjadi kebutuhan penting manusia. Coba lihat di handphone anda pasti ada fitur map atau GPS. Dengan mobilitas yang semakin tinggi, manusia membutuhkan peta untuk mencari lokasi tujuan dengan tepat, akurat dan cepat. Peta dapat diamsnfaatkan dan digunakan sesuai fungsinya. Berikut ini berbagai manfaat peta dalam kehidupan kita sehari-hari.

a. Bidang Pertanian
Pertanian merupakan sektor ekonomi yang penting bagi masyarakat Indonesia. Peta untuk pertanian menyajikan informasi mengenai aspek-aspek yang memengaruhi aktifitas pertanian. Aspek yang memengaruhi aktifitas pertanian contohnya jenis tanah, curah hujan, morfologi dan jenis vegetasi. Setiap aspek tadi dapat dipetakan sebarannya karena itu melalui peta maka dapat diperoleh informasi lokasi yang tepat untuk lahan pertanian. Contoh peta yang digunakan untuk analisa faktor-faktor tersebut adalah:
1. Peta Curah Hujan
Air merupakan bagian penting dalam kegiatan pertanian. Melalui peta, kondisi curah hujan dapat diketahui ketersediaan air pada suatu wilayah. Data ketersediaan air digunakan untuk penentuan jenis vegetasi pertanian yang sesuai untuk dikembangkan di wilayah tersebut. 
2. Peta Jenis Tanah
Setiap jenis tanah memiliki karakteristik berbeda. Setiap karakteristik tanah punya kecocokan tersendiri dengan jenis vegetasi budidaya yang akan ditanam.
3. Peta Topografi
Peta ini berkaitan dengan kemiringan lereng dan ketinggian tempat. Ketinggian tempat berkaitan dengan suhu udara yang akan menyesuaikan dengan jenis vegetasi budidaya.
4. Peta Geologi
Berisikan informasi mengenai karakteristik batuan. Informasi tersebut akan digunakan untuk mengetahui tingkat permeabilitas dan porositas batuan.
Manfaat Peta di Kehidupan Sehari-Hari
Peta Wisata Gunung Kidul
b. Bidang Industri
Penentuan lokasi industri dapat menggunakan peta seagai alat bantu analisa. Sebuah indsutri harus memerhatikan aspek ketersediaan bahan baku, sumber energi, tenaga kerja dan jaringan transportasi. Oleh karena itu, peta yang dapat digunakan dalam bidang untuk bidang industri adalah:
1. Peta Sumber Daya Alam, digunakan untuk melihat ketersediaan dan pesebaran sumber daya alam sebagai bahan baku industri.
2. Peta Jaringan Jalan, untuk mengetahui aksesibilitas suatu lokasi yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran hasil industri.
3. Peta Kepadatan penduduk, berguna untuk sumber data ketersediaan tenaga kerja khususnya pada jenis industri padat karya.

c. Bidang Transportasi
Transportasi dibutuhkan dalam proses perpindahan barang atau orang. Transportasi meliputi jalur darat, air dan udara. Peta yang digunakan pada bidang transportasi diantaranya peta jaringan jalan, rel kereta, rute udara dan pelayaran.

d. Bidang Kebencanaan
Bencana alam dapat merugikan banyak orang sehingga perlu adanya mitigasi yang baik. Salah satu cara preventif dala mengatasi bencana adalah membuat peta zonasi daerah rawan bencana. Dengan memerlihatkan peta daerah rawan bencana di lingkungan desa misalnya maka masyarakat dapat mengetahui daerah mana saja yang tidak boleh ditinggali dan kemana arah evakuasi saat bencana terjadi. 

e. Bidang Pariwisata
Kegiatan pariwisata kini berkembang pesat di era modern. Kehadiran peta wisata sangat dibutuhkan untuk melihat sebaran daerah wisata, lokasi restoran, rest area dan arena hiburan lain.

f. Bidang Tata Guna Lahan
Tata guna lahan berkaitan dengan perencanaan penggunaan lahan dalam satu kawasan. Melalui tata guna lahan maka pembagian wilayah disesuaikan dengan fungsi terbaiknya seperti: pemukiman, kawasan lindung, industri atau perkantoran.
 
g. Bidang Pembangunan Wilayah
Dalam merencanakan sebuah pembangunan seperti kota misalnya, dibutuhkan sumber data yang baik untuk memperlihatkan gambaran lokasi yang akan dibangun. Untuk itu peta masterplan dibutuhkan untuk melancarkan kegiatan pembangunan wilayah.
Baca juga: Bimbel hemat, ya Quipper Video
Gambar: kampoeng-baron.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search