Pengalaman Menerbitkan Buku di Deepublish

- March 06, 2017
Bagi seorang penulis, menerbitkan buku memang suatu impian yang sangat ingin diwujudkan. Begitu pula dengan saya yang sebenarnya adalah seorang guru. Sebenarnya awal mula saya menulis buku adalah karena keinginan saya membuat buku sendiri sesuai dengan versi saya yaitu mata pelajaran geografi untuk SMA. Jadi kali ini saya ingin berbagi cerita saja.

Awal mula saya bisa menulis buku adalah dari blogging. Sebenarnya saat kuliah saya belum punya niat untuk menjadi seorang penulis, blogging pun belum saya kenal. Namun sejak 2012, saya mulai mengenal blog dan menulis. Ternyata lama kelamaan menulis menjadi sebuah hobi dan terasa menyenangkan. Berbagai prestasi dari blogging pun saya raih dari mulai tingkat kota, propinsi hingga nasional. Begitu dahsyatnya menulis hingga bisa merubah hidup saya.

Akhirnya saya bertekad untuk menulis naskah buku pelajaran geografi dari kelas x, xi dan xii sejak 2013. Sehabis saya mengajar di kelas, saya tuliskan materi pelajaran dalam word. Begitu pun kalau ada waktu senggang di rumah, saya gunakan untuk menulis. Saya sisihkan waktu minimal 30 menit sehari untuk menulis naskah buku pelajaran tersebut. Tak terasa kini sudah empat tahun berlalu, dan naskah buku pelajaran geografi sudah jadi versi kurikulum 2013. 

Empat tahun, tidak terasa saya kumpulkan lembaran-lembaran tulisan hingga menjadi tiga buah buku. Tujuan akhir tentu saja ingin menerbitkannya, bukan?. Disamping dapat mendapatkan income, juga bisa memberikan inspirasi bagi guru-guru lainnya. Saya telah bertemu dengan berbagai guru-guru berprestasi sebelumnya dalam seminar-seminar atau workshop. Kegiatan itulah yang merangsang saya untuk terus berkarya dan bukan menjadi seorang guru biasa saja yang kegiatannya hanya pergi ke sekolah, mengajar, mengoreksi lalu pulang.

Awal tahun 2017, saya sudah bertekad untuk menerbitkan buku namun tentunya jika ingin menerbitkan ke penerbit mayor sangat berat saingannya. Saya terus mencoba mengontak penerbit-penerbit besar namun tidak ada jawaban. Akhirnya Allah SWT yang memberikan jawaban kepada saya. Akhir Februari kemarin saya membuka facebook lalu menemukan Page Deepublish.com. Setelah saya klik lalu saya baca profilnya.

Deepublish merupakan produk pemenang wirausaha mandiri tahun 2013 untuk menjembatani para penulis yang kesulitan menerbitkan bukunya karena masalah finansial, persaingan di penerbit mayor dan lainnya. Tentu berita ini menjadi angin segar bagi saya, ditambah lagi pada awal tahun ini deepublish memberikan program awal tahun untuk menerbitkan buku GRATIS bagi penulis buku pelajaran atau bahan ajar dengan kuota 100 orang. Setelah naskah dikirim, saya menerima balasan mengenai formulir pendaftaran, Mou dan lainnya.

Memang rezeki itu sudah ada yang ngatur dan Allah selalu memberikan waktu yang tepat bagi kita bukan waktu yang kita inginkan. Jadi singkat cerita saya daftar di deepublish dan naskah dikirim. Sekarang ini sedang diedit oleh editor dan saya menunggu hasil cetakan sample nya untuk direvisi oleh saya selaku penulis. Buku ini saya akan gunakan untuk proses KBM di kelas dan dipasarkan skala nasional.

Mudah-mudahan bermanfaat dan tentunya bisa mendorong guru lainnya untuk semangat menulis. Inilah keajaiban dari menulis dan saya sudah membuktikannya. Saya sebenarnya juga masih belum percaya bisa menerbitkan buku yang sudah saya mulai empat tahun lalu. Rencananya, setelah 3 buku geografi ini terbit, di pertengahan tahun saya akan membuat buku lagi dengan tema lain. Jadi bagi para penulis yang masih belum terbit naskahnya, jangan putus asa karena selalu ada jalan dan kita hanya diminta untuk bersabar saja nunggu waktu yang tepat.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search