Sifat Penelitian Kualitatif

- March 01, 2017
Bagi seorang mahasiswa, tentu sidah akrab dengan yang namanya penelitian atau research. Seorang mahasiswa tidak akan lulus kuliah kalau belum melaksanakan penelitian di semester akhir. Ada dua jenis penelitian yang umum dilakukan oleh seorang mahasiswa yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. 

Penerapan metode penelitian sangat bergantung pada pertanyaan penelitian dan judul yang diajukan sebelumnya. Tidak semua hal atau fenomena dapat diteliti dengan metode penelitian kuantitatif. Oleh sebab itu metode penelitian kualitatif menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah khususnya yang berkaitan dengan masalah sosial atau budaya. Lalu, penelitian kualitatif cocok untuk apa saja?. Berikut ini gambarannya:
Sifat Penelitian Kualitatif

a. Penelitian kualitatif sangat cocok diaplikasikan jika penleitan bertujuan untuk memahami makna yang mendasari munculnya pola tingkah laku manusia. Sebaliknya penelitian kualitatif kurang cocok diterapkan bila penelitian bertujuan untuk mengamati tingkah laku manusia. 

b. Penelitian kualitatif cocok digunakan jika penelitian itu sering mendeskripsikan latar dan interaksi yang kompleks dari partisipan atau masyarakat. Di sisi lain penelitian kualitatif kurang cocok diterapkan jika penelitian dimaksudkan untuk mencari variabel yang punya pengaruh paling kuat terhadap perilaku masyarakat.

c. Pendekatan kualitatif cocok digunakan pada penelitian yang bertujuan memahami keadaan yang terbatas jumlahnya dengan fokus mendalam, detail dan rinci. Sebaliknya penelitian kualitatif kurang tepat digunakan jika tujuan untuk menjelaskan banyak fenomena dengan fokus luas.

d. Pendekatan kualitatif cocok diterapkan pada penelitian yang bertujuan untuk mengeksplorasi atau menemukan informasi baru. Sebaliknya penelitian kualitatif kurang tepat digunakan jika tujuan untuk meringkas/menyimpulkan apa yang telah ada di masyarakat.

e. Penelitian kualitatif cocok diterapkan untuk mendeskripsikan gejala dan produknya nanti adalah sebuah teori atau hipotesis baru.

f. Penelitian kualitatif cocok digunakan pada penelitian yang memuat maslaah variabel-variabel menurut pandangan dan definisi responden. Sebaliknya penelitian kualitatif kurang cocok digunakan untuk meneliti jawaban tentang variabel yang sudah disusun oleh peneliti (hipotesa peneliti).

Simpulannya, penelitan kualitatif lebih fokus pada ketepatan dan kecukupan data. Kajian utama ada pada validitas data yaitu kesesuaian antara apa yang dicatat sebagai data dan apa yang sebenarnya terjadi pada lingkungan yang diteliti. Jadi seorang mahasiswa harus paham terlebih dahulu tentang perbedan metodologi penelitian agar tidak salah menggunakannya nanti di lapangan.
Sumber: Baging Haryanto. Metode Penelitian Sosial, www.maction.in
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search