Tipe-Tipe Hutan Kota Menurut Lokasinya

- March 05, 2017
Apakah kamu pernah pergi ke hutan?. Lalu bagaimana kalau hutan berada di dalam kota?. Hutan kota merupakan sebuah area yang ditumbuhi vegetasi tertentu dan berada dalam wilayah kota. Daerah ini termasuk dalam Ruang Terbuka Hijau atau RTH. Menurut UU Tata Ruang, jumlah minimal RTH dalam satu wilayah adalah 30%  dari total luas wilayah. 

Mengapa harus 30%?. Karena fungat vital dalam keberlanjutan kehidupan kota itu sendiri. Itulah sebabnya kota-kota di Indonesia saat ini banyak membangun RTH publik untuk meningkatkan kenyamanan hidup warganya. Hutan kota pada dasarnya mampu menciptakan iklim mikro bagi kota. Keberadaan pohon dalam lingkungan hidup manusia tentu akan memberikan suasana kesejukan itu sendiri sehingga akan meredam stress karena bisingnya kehidupan kota.
Tipe-Tipe Hutan Kota Menurut Lokasinya
Jalur Hijau penting bagi kenyamanan kota
Hutan kota dapat digolongkan dalam lima kelas menurut letaknya:
1. Hutan Kota Pemukiman
Dibangun dengan tujuan untuk membantu menciptakan lingkungan kehidupan yang nyaman dan menambah keindahan. Selain itu hutan kota pemukiman juga menciptakan udara bersih dan menyaring polusi.
2. Hutan Kota Industri
Hutan ini dibangun dekat daerah perindustrian dengan tujuan untuk menangkal limbah yang dihasilkan oleh kegiatan industri seperti asap pabrik, limbah cairan dan limbah gas.
3. Hutan Kota Wisata
Dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisata masyarakat dengan dilengkapi sarana prasarana bermain bagi anak, dewasa dan lansia. Hutan kota wisata banyak dibangun di kota-kota Indonesia saat ini guna menambah fasilitas publik yang nyaman untuk berinteraksi.
4. Hutan Kota Konservasi
Hutan ini dibangun untuk melestarikan suatu jenis vegetasi atau fauna tertentu. Contohnya adalah hutan kota di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
5. Hutan Kota Pusat Kegiatan
Hutan ini dibangun untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan fasilitas umum seperti di pusat perbelanjaan, bandara, terminal, stasiun dan bandara. Adanya vegetasi dapat membantu merelaksasi manusia saat berada di kerumunan. Coba lihat bandara Changi di Singapura yang punya taman hijau di tengahnya. Tentu para penumpang tidak akan merasa jenuh dan bosan saat menunggu pesawat di sana.

Hutan kota mampu meningkatkan stabilitas ekonomi masyarakat karena bisa menarik minat masyarakat sehingga menciptakan peluang industri. Back to Nature menjadi konsep yang kembali dicanangkan oleh manusia saat ini. Manusia tidak bisa hidup jika tidak ada tumbuhan sehingga keberadaannya perlu dilestarikan. Oleh sebab itu keseimbangan lingkungan kini lebih dipentingkan dalam perencanaan tata ruang sebuah kota.
Gambar: mongabay
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search