10 Negara Dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Dunia

- April 24, 2017
Ada banyak pulau-pulau di dunia ini dan tersebar secara tidak merata baik itu yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Di bumi in iada negara yang wilayahnya berupa daratan saja tanpa batas perairan dan ada negara yang terdiri dari banyak pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut atau lingkungan perairan. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan di dunia. Namun apakah Indonesia merupakan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia?. Tidak, ternyata negeri kita tidak berada pada ranking pertama negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Ini dia daftar peringkatnya:

1. Finlandia
Finlandia dikenal sebagai negara yang memiliki ribuan danau dan pulau. Ada sekitar 187.888 danau dan 179.584 pulau di negara ini. Sebagian besar pulau di Finlandia berada di barat daya tepatnya di Pulau Aland dan sepanjang Teluk Finlandia. Negara ini juga termasuk negara yang selalu  mengalami perluasan daratan sekitar 7 km per tahun. Hal ini disebabkan elevasi isostatik yang telah terjadi sejak akhir zaman es.
Peta Finlandia, pic: pinterest
2. Indonesia
Indonesia memiliki sekitar 13. 466 pulau. Jumlah ini didasarkan pada hasil survey geografi yang dilakukan Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi sejak 2007 sampai 2010. Jumlah ini juga didasarkan pada invetarisasi, verifikasi nama pulau dan penentuan koordinat masing-masing pulau. Saat ini jumalh pulau di Indonesia diperkirakan 17.508 namun PBB menerima data pulau dari pemerintah Indonesia yaitu 13.466. Karena itu mungkin beberapa orang Indonesia bertanya mana yang benar?. Sampai saat ini yang diakui dan telah diterima PBB adalah yang 13.466.
Peta Indonesia, pic: lib.utexas.edu
3.Filipina
Salah satu tetangga Indonesia ini punya pulau terbanyak di dunia yaitu 7.107 pulau. Selain menjadi negara kepulauan yang besar, negara ini juga dianggap sebagai salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki pengaruh budaya barat yang kuat.
Peta Filipina, pic: freeworldmaps.net
4. Jepang 
Jepang termasuk salah satu negara industri terkemuka dunia. Jepang bisa melesat dalam hal ekonomi secara singkat sejak kekalahan di  Perang Dunia II. Jepang punya 6.852 pulau dengan empat pulau utama yaitu Hokkaido Honshu Shikoku dan Kyushu.
Peta Jepang, pic: japanmap.facts.co
5. Solomom
Solomon adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian selatan atau tepatnya di timur Papua Nugini dan masuk negara Persemakmuran. Ada 922 di Solomon yang membentuk daerah seluas 28.450 km persegi.
Peta Solomon, pic: .map-library.com
6. Fiji
Fiji memiliki 844 pulau dimana 106 diantaranya adalah pulau berpenghuni dan 522 tidak berpenghuni termasuk pulau-pulau kecil. Pulau terbesar di Fiji adalah Viti Letu dan Vanua Letu dimana hampir 82% penduduknya tinggal disana. Ibukota Fiji adalah Suva dan berada di pulau Viti Letu.
Peta Fiji, pic: welt-atlas.de
7. Bahama
Bahama adalah bagian negara persemakmuran Inggris yang terdiri dari 700 pulau di Karibia Amerika Tengah.
Kepulauan Bahama, pic: worldatlas.com
8.  Mikronesia
Mikronesia juga merupakan salah salah satu negara kepulauan di Samudera Pasifik. Mikronesia adalah negara kepulauan yang masuk federasi dengan AS. Negara ini memiliki 607 pulau yang terbagi ke dalam 4 negara bagian.
Mikronesia, pic: animprobablelife.com
9. Palau
Palau memiliki sekitar 250 pulau dimana 8 diantaranya adalah pulau utama dan sisanya hanya pulau minor.
Palau Islands, pic: animprobablelife.com
10. Tonga
Tonga adalah negara yang terletak di Samudera Pasifik dan punya 176 pulau dan 36 diantaranya dihuni manusia. 
Kepulauan Tonga, pic: journeypacific.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search