Fakta Terbaru Planet Mars

- April 29, 2017
Mars merupakan planet keempat dari Matahari dan masuk kelompok planet terkecil kedua di Tata Surya. Mars merupakan nama Dewa Perang Romawi, memiliki warna kemerahan jika dilihat dari Bumi lewat teleskop. Mars merupakan planet teresterial dengan atmosfer tipis yang tersusun atas karbon dioksida.

Berikut Profil Singkat Mars
Diameter Ekuator : 6.792 km
Diameter Kutub : 6.752 km
Massa : 6,42 x 10²³ (10,7% Bumi)
Satelit: Phobos dan Deimos
Jarak Orbit : 227.943.824 km (1,52 AU)
Periode Orbit : 687 hari (1,9 tahun)
Suhu permukaan : -153 -20⁰ C
Catatan pertama : 2000 SM
Direkam oleh : Astronom Mesir
Fakta Terbaru Planet Mars
Planet Mars tempat kehidupan manusia selanjutnya
Mars dan Bumi memiliki kenampakan permukaan hampir mirip
Meski Mars hanya 15% volumenya dari Bumi dan 10% massa Bumi,2/3 permukaan Bumi tersusun atas air sementara Mars tidak. Mars ditutupi daratan tandus kering, namun di kutubnya terdapat lapisan salju. Gravitasi permukaan Mars hanya 37% dari Bumi, artinya anda bisa melompat 3 kali lebih tinggi di Mars.

Mars adalah rumah dari gunung tertinggi di Tata Surya
Gunung Olympus, sebuah gunung api perisai memiliki ketinggian 21 km dan berdiameter 600 km. Meski telah terbentuk milyaran tahun lalu, bukti dari aliran lava vulkanik membuat para ilmuwan percaya bahwa gunung ini maih aktif.

Hanya 18 misi ke Mars yang berhasil
Hingga September 2014 setidaknya ada 40 misi ruang angkasa ke Mars namun hanya 18 saja yang berhasil masuk orbit dan mendarat di Mars. Curiosity tiba di Mars pada 22 September 2014 setelah dua tahun perjalanan. Selanjutnya Badan Antariksa India juga tiba di Mars pada 22 September 2014. Misi berikutnya adalah Badan Antariksa Eropa ExoMars yang akan mendaratkan robot di Mars.

Mars punya badai debu terbesar di Tata Surya
Badai ini bisa bertahan selama berbulan-bulan dan menutupi keseluruhan planet. Musim di Mars sangat ekstrim karena orbitnya berbentuk elips dan lebih panjang daripada orbit planet lainnya.

Matahari terlihat setengahnya dari ukuran di Bumi
Saat titik terdekat dengan matahari, belahan bumi selatan Mars akan lebih dekat ke matahari dan menyebabkan musim panas yang singkat dan sangat panas sementara belahan utara mengalami musim dingin yang singkat dan dingin. Saat titik terjauh dari matahari, bagian utara Mars akan menghadap matahari menyebabkan musim panas panjang dan ringan sementara bagian selatan akan mengalami musim dingin panjang yang ekstrim.

Bagian Mars jatuh ke Bumi
Para ilmuwan telah menemukan jejak kecil atmosfer Mars dalam meteor yang terlempar dengan keras dari Mars lalu mengorbit sistem tata surya diantara puing-puing galaksi selama jutaan tahun sebelum mendarat di Bumi. Hal ini memungkinkan para ilmuwan mempelajari Mars sebelum mengirimkan misi ke sana.

Mars diambil dari nama Dewa Perang Romawi
Orang Yunani kuno menyebut Planet Ares lalu orang Romawi juga melakukan hal sama. Menariknya budaya lain memfokuskan penamaan pada warna seperti orang Cina menyebutnya bintang api, orang Mesir menyebutnya Her Desher atau Merah. Warna merah di Mars disebabkan batu dan debu yang menutupi permukaannya kaya akan unsur besi.

Ada tanda keberadaan air di Mars
Selama bertahun-tahun Mars dikenal punya lapisan es. Tanda pertama dari adanya air adalah adanya garis-garis gelap atau noda pada dinding kawah dan tebing dari citra satelit. Karena atmosfer Mars tipis maka air ini harus asin agar tidak membeku atau menguap.

Mars akan memiliki cincin
Dalam 20-40 juta tahun ke depan, satelit Mars Phobos akan hancur oleh gaya gravitasi yang akan menciptakan cincin hingga 100 juta tahun lamanya.

Gambar: boomsbeat.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search