Geografi Negara Portugal

- April 06, 2017
Portugal atau Portugese merupakan titik paling barat Benua Eropa dan berada di semenanjung Iberia, meskipun hanya seperenam bagian saja. Bagian lainnya termasuk Madeira dan Azores di Atlantik. Negara Juara Euro 2016 memiliki total luas 92.080 km persegi. Pegunungan Pyrenia memisahkan Iberia dengan daratan utama Eropa. Jarak dan isolasi telah membuat Portugal berbeda dari sisi budaya, sosial, ekonomi, politik bahkan psikologi meskipun negara ini masih masuk benua Eropa. Di awal 1990 an, Lisbon berjarak dua sampai tiga hari perjalanan dari Paris. Baca juga: Mengapa tornado sering muncul di Amerika?

Batas Geografis
Portugal berbatasan dengan Samudera Atlantik di barat dan selatan. Di timur dan utara berbatasan dengan Spanyol. Bentuk negara ini secara kasar adalah persegi panjang dengan sisi pendek di sebelah utara dan selatan dan sisi panjang di timur dan barat. Pantai Atlantik memiliki panjang 837 km sementara batas dengan Spanyol adalah 336 km di utara dan 839 di timur.
Geografi Negara Portugal
Peta Portugal
Sejarah
Secara historis, Portugal muncul sebagai negara setelah perlawanan berabad-abad dengan provinsi di Spanyol yaitu Leon dan Kastilia. Bahkan ratusan tahun setelah melepaskan diri dari Spanyol pada 1640, Portugal tetap masih waspada terhadap invasi Spanyol baik secara militer, ekonomi, sosial dan budaya.  Baca juga: Wilayah formal dan fungsional
Geografi Negara Portugal
Sudut Kota Portugal
Kondisi Geomorfologi
Portugal bukan negara yang homogen secara geomorfologi. Lingkungan fisik sangat bervariasi, menciptakan beberapa wilayah geografis yang berbeda dan pada prinsipnya akan membentuk budaya masyarakat dan ekonomi mereka. Wilayah utara Portugal adalah berupa pegunungan, daerah hujan dan memiliki kenampakan berupa peternakan kecil dan kebun-kebun anggur. Bangsa Portugis memulai kehidupannya di daerah ini. Wilayah ini sangat terpencil dengan lereng berbatu dan menjadi asal muasal nilai-nilai bangsa Portugal muncul. 

Baca juga:
Geografi Negara Inggris
Geografi Negara Qatar

Wilayah tengah, antara Rio Douro di utara dan Rio Tejo termasuk ibukota Lisabon, lebih homogen secara fisikal. Wilayah pesisir terdiri dari bukit pasir dan hutan pinus dan banyak masyarakat berprofesi sebagai nelayan. Wilayah tengah bagian timur dikenal sebagai Beira terdiri dari peternakan dengan industri pertambangan kecil. 
Geografi Negara Portugal
Sungai Rio Douro
Wilayah selatan dikenal sebagai Alentejo merupakan daerah bukit lembut dengan daerah perkebunan yang luas dengan pertanian skala besar dan penggembalaan. Wilayah ekstrim di selatan dikenal dengan Algarve dengan ciri wilayah kering, pemukiman kecil dan kota pesisir. Daerah ini sangat dipegaruhi oleh bangsa Moor dan sekarang masih terlihat dalam dialek dan arsitektur. Iklim disini hangat dengan cuaca khas Mediteran, sehingga menjadi pusat wisata dan rumah bagi pensiunan. Baca juga: Bedanya antartika dan artik

Portugal terbagi ke dalam enam propinsi. Di utara ada Minho dan Tras-os-Montes. Di Tengah ada Beira dan Estremadura dan di selatan terdiri dari Alentejo dan Algarve. 

Daerah pegunungan utara punya iklim lebih dingin dari selatan. Salju turun selama musim dingin di Serra da Estrela dan Serra do Geres. Cuaca di sepanjang pantai utara dan di tengah lebih ringan. Lisabon punya suhu rata-rata 14 derajat C di Januari dan 27 derajat C di Agustus. Selatan Portugal lebih hangat dengan cuaca khas pesisir. Curah hujan Portugal sebagian besar terjadi di musim dingin dan di utara hujan lebih intens dibanding di selatan. 
Geografi Negara Portugal
Kota terbesar kedua di Portugal, Porto
Sistem Sungai dan Tanah
Portugal punya 10 sungai besar, lima diantaranya berasal dari Spanyol. Rio Minho punya hulu di Galicia Spanyol dengan jarak 74 km membatasi Portugal di utara dengan teritori Spanyol. Rio Douro juga berasal dari Spanyol dan menjadi bagian vital dari perdagangan Portugal utara. Sungai ini melintasi lebar Portugal hingga menuju Atlantik di Porto. Lembah Rio Douro menjadi wilayah paling indah di Portugal dengan tebing-tebing curam beritngkat dan kebun anggurnya yang cantik. 

Rio Tejo adalah sungai terpanjang di Portugal dengan cekungan yang lebar dan penting secara ekonomi. Muara sungai terletak di Lisabon dan menjadi pusat pelabuhan terkemuka di Eropa. Sungai penting lainnya di selatan adalah Rio Guandiana yang mengalir dari utara ke selatan dan merupakan bagian dari perbatasan dengan Spanyol. 

Kondisi tanah di Portugal secara umum berpasir, kering dan asam. Kondisi ini mencerminkan tanah Semenanjung Iberia pada umumnya. Tanah di bagian utara bisa berbatu dan cocok untuk pertanian namun di selatan juga bisa diusahakan dengan irigasi yang baik.

Sekitar seperempat Portugal ditutupi huta pinus dan oak. Tanaman budidaya yang umum dijumpai antara lain zaitun, almond, jeruk dan chestnut. Sepertiga Portugal ditutupi hutan. Vegetasi lebih bervariasi di daerah tengah sementara di daerah selatan yang hangat dan kering, banyak daerah padang rumput yang kasar dan oak.

Pulau Luar
Portugal juga punya kepulauan di tengah Atlantik yaitu Azores dan Madeira. Azores terdiri dari 9 pulau berpenghuni dan beberpa pulau tak berpenghuni dengan jarak 1.280 km sebelah barat dari daratan utama Portugal. Kepulauan ini punya luas 2.278 km persegi dengan populasi mencapi 250 ribu jiwa. Sementara Madeira terletak 560 km sebelah barat Afrika Utara, terdiri dari dua pulau berpenghuni dan sisanya pulau kosong. Luas total Madeira 788 km persegi dengan populasi mencai 270.000 jiwa.

Penduduk dan Budaya
Kota-kota di Portugal masih mempertahankan karakter histroris dan banyak bangunan tua yang masih utuh. Lisbon tidak banyak berubah sejak akhir abad ke 18. Lingkungan alam terpelihara dengan baik dan tidak ada polusi yang serius.

Seni lukis genteng dan kaca yang dikenal sebagai azulejos, adalah salah satu bentuk seni yang paling populer di Portugal. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Moor dan diadopsi oleh raja di tahun 1.500 an dan penggunaan ubin biru dan putih tersebar di seluruh negeri.
Geografi Negara Portugal
Tarian Khas Portugal
Delapan dari sepuluh orang Portugal beragama Katholik. Saint's day dan festival agama adalah kegiatan yang sangat populer. Meski terlihat cukup maju, namun penduduk Portugal masih ada yang cukup miskin secara ekonomi.
Baca juga: Geografi Negeri Pisa Italia
 
Gambar: 
flikr, planetden, wordtravels, algarvehousing
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search