Kapan Zaman Es Terjadi?

- April 19, 2017
Pernah nonton film Ice Age?. Itu tentang kehidupan sekelompok hewan purba yang hidup dan berpetualang di zaman es. Memang ada zaman es?. Zaman es dimulai sekitar 2,4 juta tahun lalu berlangsung hingga 11.500 tahun lalu. Selama masa tersebut iklim di bumi berubah menjadi sangat dingin dimana gletser menutupi sebagian besar dunia (tidak semuanya ya!). Setelah zaman es berakhir dan gletser di beberap tempat meleleh maka berubah menjadi zaman interglasial. 

Jadi kita sekarang sedang hidup di zaman interglasial ya!. Menurut penelitian geologi setidaknya ada 17 siklus periode glasial dan interglasial di Bumi. Periode glasial berlangsung lebih lama dibandingkan periode interglasial. Periode glasial terakhir dimulai sekitar 100.000 tahun yang lalu dan berlangsung hingga 25.000 tahun yang lalu.
Peta Zaman Es
Darimana kita tahu adanya zaman es tersebut?. Saat gletser tumbuh dan bergerak diatas permukaan bumi ia akan mendorong batuan dan sedimen. Saat gletser tersebut meleleh ia akan meninggalkan tumpukkan batu di belakangnya. Tumpukan batu tersebut disebut moraines. Moraine ini memberikan bukti bahwa gletser pernah menutupi sebagian besar dunia pada masa lalu.

Para ilmuwan juga mempelajari susunan kimia initi es di Greenland dan endapan batu di dasar lautan. Bahan kimia tersebut akan menunjukkan kapan dan bagaimana zaman es bisa terbentuk.

Selama zaman es ini, beberapa mamalia hidup mulai dari rusa, tikus dan tupai tanah. Namun ada juga mamalia yang tidak biasa alias berbadan besar dan sekarang sudah punah seperti Mammoth.

Sekitar 10.000 -12.000 tahun lalu sebagian mamalia raksasa yang hidup pada zaman es punah. Mengapa hal tersebut terjadi?. Ada beberapa hipotesa.
Mamalia Zaman Es
Pertama, ada kaitannya dengan perubahan iklim. Sekitar 12,8 ribu - 11,5 ribu tahun lalu, cuaca menjadi sangat dingin dan mengubah lingkungan dimana mamalia ini tinggal. Ahli paleontologi menganggap cuaca dingin ekstrim ini mengurangi jumlah makanan hewan tersebut.

Kedua, ada kaitannya dengna kehadiran manusia dimana mereka berburu hewan-hewan tersebut untuk dijadikan makanan. Bagaimana bukti untuk mendukung teori tersebut?.Ada beberapa situs fosil di barat daya Amerika dimana tulang mammoth berisi kepala tombak telah ditemukan. 

Memang ada perdebatan mengenai kedua teori tersebut, namun jalan tengahnya ada anggapan bahwa kedua teori tersebut merupakan faktor yang menyebabkan punahnya mamalia khas zaman es. Lalu apakah zaman es akan kembali lagi?. Menurut periodenya sih akan muncul kembali namun masih ratusan mungkin jutaan tahun lagi.
Gambar: cdm.org, ichef.bbci.co.uk
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search