Patahan San Andreas California

- April 04, 2017
Patahan San Andreas merupakan salah satu batas patahan geser antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara. Patahan ini membagi California menjadi dua wilayah dari Cape Mendocino sampai ke perbatasan Meksiko. San Diego Los Angeles dan Big Sur merupakan bagian Lempeng Pasifik. San Fransisco, Sacramento dan Siera Nevada berada di atas Lempeng Amerika Utara. Meskipun gempa besar legendaris terjadi pada 1906 di San Fransisco, namaun sesar atau patahan San Andreas tidak melewati kota. 

Patahan San Andreas masuk tipe transform fault. Bayangkan saja kamu sedang menempatkan dua potongan pizza di atas meja, lalu kamu gesekan batas antara kedua pizza tersebut hingga saling bergeekan satu sama lain. Topping pizza nantinya akan berjatuhan ke sisi pizza yang lain. Prinsip ini sama halnya terjadi dalam skala geologi dengan mekanisme yang lebih rumit tentunya. 

Lempeng bumi secara perlahan bergerak melewati lempengan satu sama lain dengan kecepatan beberapa inci per tahun. Tapi ini bukan gerakan yang tetap namun gerakan rata-rata. Selama bertahun-tahun lempengan tektonik akan terkunci tanpa gerakan satu sama lain karena mereka saling mendorong. 

Namuns satu ketika, ada kalanya lempengan tergelincir beberapa kaki sekaligus sehingga menghasilkan gempa dan pergeseran. Lempengan yang bergeser itulah yang membuat gempa terjadi di daerah patahan. Contoh lainnya adalah gempa patahan di Pidie Aceh Jaya beberapa waktu silam.
Sesar San Andreas
Di beberapa lokasi seperti Carrizo Plain dan Olema Trough, patahan mudah untuk terlihat sebagai rangkaian lipatan pegunungan. Di beberapa tempat lain, patahan akan terlihat lebih halus dan tidak bergerak bertahun-tahun ditutupi sedimen aluvial dan ditumbuhi berbagai vegetasi. 

Ciri utama dari Patahan San Andreas adalah adanya batu yang berbeda di kedua sisinya. Blok Salinian Granit ada di California Tengah dan Utara berasal dai Southern California, beberapa bahkan berasal dari Meksiko Utara. Pinnacles National Monument di Monterey County hanya setengah dari komplesk gunung api, bagian lainnya berjarak 200 mil tenggara Los Angeles County dan dikenal sebagai Neenach Volcanics.

Patahan San Andreas lebih mudah dilihat daripada patahan yang lain di dunia. Dengan populasi yang besar di California dan iklim yang hangat, ada banyak jalan yang melewati patahan ini. Daerah ini sangat cocok untuk camping, menikmati bunga dan satwa liar dan mengamati migrasi burung. Gambar: cdn.inquisitr.com, youtube
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search