Perbedaan Upwelling dan Downwelling

- April 19, 2017
Lautan di muka bumi ini bersifat dinamis atau tidak diam. Kali ini kita akan bicara sedikit tentang Upwelling dan Downwelling yang merupakan dua jenis arus yang ada di lautan. Upwelling merupakan pergerakan arus dingin dari dalam lautan ke permukaan laut. Upwelling merupakan hasil dari angin dan rotasi Bumi.

Bumi berputar pada porosnyadari barat ke timur. Karena rotasi ini, angin cenderung membelok ke kanan di belahan bumi utara dan ke kiri di belahan bumi selatan. Pembelokkan ini dikenal sebagai efek Coriolis dan gaya ini memengaruhi terbentuknya Upwelling di daerah pesisir.

Efek Coriolis juga menyebabkan upwelling di lautan terbuka dekat ekuator. Angin kencang di permukaan memungkinkan arus ini terbentuk. Pola angin yang dihasilkan selama siklon menghasilkan upwelling di daerah sekitar mata topan. Air yang dingin dapat membantu melemahkan siklon.
Arus Upwelling
Dampak Upwelling: Biodiversitas
Karena air yang dibawa ke permukaan kaya akan nutrisi, upwelling di pesisir mendukung pertubuhan rumput laut dan plankton. Hal ini akan menyediakan makanan bagi ikan, mamalia laut dan burung.

Upwelling menghasilkan beberapa ekosistem paling subur di dunia. Sebuah wilayah seluas 25.900 km persegi di lepas pantai barat Peru mengalami arus naik terus-menerus dan menjadi lokasi pemancingan favorit di dunia. Secara keseluruhan daerah upwelling pesisir hanya mencakup 1% dari total luas samudera di dunia, namun itu sudah cukup menyediakan sekitar 50% zona tangkapan ikan terbesar di dunia.

Selama El Nino, fenomena cuaca yang berubah menyebabkan angin melambat dan upwelling melemah sehingga tangkapan ikan akan menurun drastis saat fenomena tersebut terjadi. 
Arus Downwelling
Upwelling memengaruhi juga terhadap kehidupan binatang di daerah tersebut. Larva kecil, ikan dan invertebrata bisa hanyut dalam arus laut dalam jangka waktu lama. 

Air dingin yang mengalir ke permukaan akan mendinginkan udara di wilayah tersebut. Hali ini mendorong perkembangan kabut di daerah pesisir. Kota San Fransisco terkenal dengan musim panas yang dingin dan berkabut yang dihasilkan oleh upwelling musiman di daerah tersebut. 

Downwelling
Downwelling adalah kebalikan arus dari upwelling. Arus laut hangatdi permukaan tenggelam ke dasar laut. Upwelling dan downwelling sering bergantian sepanjang musim.
Gambar: trca.ca, oceanservice.noaa.gov
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search