5 Komponen Utama Sistem Informasi Geografi

- May 05, 2017
Sistem Informasi Geografi atau SIG merupakan suatu sistem komputer yang terintegrasi dengan geografi atau fenomena keruangan. Perkembangan teknologi dan informasi yang cepat membuat geografi kini menjadi disiplin ilmu yang begitu penting. SIG memiliki 5 komponen yaitu hardware, software, data, metode dan manusia.

Hardware
Hardware merupakan perangkat komputer yang mampu mengoperasikan SIG. Software SIG dapat diinstal dan bekerja dalam berbagai tipe komputer. Hardware diantaranya monitor, CPU, RAM, Hardisk, printer dan keyboard. Software SIG banyak dijual di pasaran dan bisa diinstal sendiri di komputer rumah. Untuk menjalankan program SIG dengan lancar maka dibutukan kompter dngan 

Software
Software SIG menyediakan berbagai tools dan fungsi untuk menyimpan, menganalisa dan menampilkan informasi keruangan. Komponen software berfungsi:
- meng input dan memanipulasi data geografis.
- sebagai database manajemen
- alat untuk menganalisa, mengelompokan, dan visualisasi data keruangan
- menampilkan data grafis keruangan
Contoh software SIG diantaranya Google Map, Arc View, Map Info.
5 Komponen Utama Sistem Informasi Geografi
Pemrosesan SIG
Data
Bisa jadi, data merupakan komponen paling penting dalam SIG. Data keruangan dan tabel dapat dikumpulkan melalui observasi atau membeli dari pusat penyedia data komersil. SIG dapat mengintegrasikan data spasial dengan data lainnya dan diolah dalam basis data sistem manajemen. Data ini diinput lalu diolah dan ditampikan hasilnya oleh software SIG.

Manusia
Teknologi SIG sangat tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia yang menjalankan sistem dan mengembangkannya. SIG membutuhkan tenaga terampil atau ahli yang mampu membuat sistem, aplikasi dan menganalisa data keruangan agar bisa digunakan di dunia nyata. 

Metode
Sukses tidaknya pengoperasian SIG sangat bergantung pada perencanaan dan alur kerja yang jelas. Berbagai metode pengembangan dan pengoperasian sangat memengaruhi terhadap sistem kerja SIG. 

Gambar: en.ugi.ru
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search