Contoh Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Geografi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Mei 13

Contoh Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Geografi

Saat ini perkembangan dunia semakin menuntut seseorang untuk berfikir kreatif dalam hidupnya. 
 
Tidak ada yang praktis untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Hal tersebut berdampak pada model pendidikan juga di sekolah. 

Kini sekolah-sekolah mencoba untuk menerapkan model pemecahan masalah yang lebih jitu dalam mengerjakan soal. 
 
Kenapa hal tersebut dilakukan?. Tujuannya adalah untuk membiasakan anak menganalisa sebuah persoalan sejak masih remaja dan puncaknya saat ia dewasa ia sudah punya bekal bagaimana memutuskan suatu masalah dengan metode ilmiah.

Inilah yang dinamakan High Order Thinking Skills (HOTS). HOTS mulai diperkenalkan akhir-akhir ini karena dunia semakin penuh problematika. Problematika tersebut tidak bisa hanya dipecahkan lewat satu langkah saja namun perlu beberapa tahapan.
 
Baca juga: Hots..Soal AKM Geografi + Kunci

Inilah yang diadopsi oleh sistem pendidikan untuk memfasilitasi anak agar dapat berkembang sesuai zaman. Level kognitif dalam soal HOTS ini berkisar antara C3 sampai C6.

Pada dasarnya soal HOTS bisa dijawab, namun siswa harus memahami beberapa konsep untuk menemukan jawabannya. Membuat soal HOTS memang perlu latihan dan sulit sekali. Lebih sulit membuat soalnya dibanding menjawabnya. 

Soal HOTS juga harus kontekstual artinya kekinian. Tidak boleh mencatumkan fenomena masa lalu dalam soal tipe HOTS. 
 
Saya juga baru belajar tentang pembuatan soal HOTS ini melalui MGMP Geografi Bekasi yang rutin digelar.  

Selanjutnya saya akan berikan contoh soal HOTS geografi sebagai gambaran saja, kalau masih belum sempurna silahkan dikoreksi. Katanya tidak semua materi bisa dijadikan soal HOTS tapi penjelasan mengenai hal itu saya belum dapatkan. 

Contoh soal HOTS Geografi

1. Pada tanggal 21 Juni 2017, Bejo berencana berangkat bekerja ke Negara Perancis. Kemudian ia berencana kembali ke Indonesia pada 30 September 2017. Saat kembali ke Indonesia, sedang musim apakah di Perancis?
a. panas
b. gugur
c. semi
d. kemarau
e. dingin

Alasan: Untuk menjawab soal di atas anak setidaknya harus punya kemampuan memahami konsep:
1. revolusi bumi
2. gerak semu tahunan matahari
3. posisi Negara Perancis di dunia

Jawabannya adalah musim gugur.

2. Menurut data sensus penduduk, struktur penduduk Indonsesia adalah sebagai berikut:
Piramida Penduduk Indonesia
Menurut piramida di atas, maka kebijakan kependudukan paling utama yang harus diperhatikan pemerintah adalah ....
a. membuat program bantuan langsung tunai
b. mencanangkan urbanisasi
c. membangun sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan
d. mengirim TKI ke luar negeri
e. membuat kartu bebas miskin

Alasan: Untuk menjawab soal di atas maka siswa harus memahami konsep:
1. piramida penduduk
2. ciri piramida penduduk
3. kualitas dan kuantitas penduduk
4. kondisi Negara Indonesia saat ini

Jawaban paling tepat adalah c.

3. Perhatikan gambar pembesaran peta di bawah ini!

Memperbesar peta
Pernyataan yang sesuai dengan gambar di atas adalah ....
a. skala peta 1 lebih besar dari skala peta 2
b. kenampakan peta 1 lebih detail dibanding peta 2
c. simbol peta 2 lebih banyak dari peta 1
d. kenampakan peta 2 lebih detail dibanding peta 1
e. tidak ada perubahan sama sekali

Alasa: untuk menjawab soal di atas anak harus memahami:
1. konsep skala peta
2. unsur-unsur peta
3. teknik memperbesar dan memperkecil peta

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close