Ilmu Bantu Geografi

- May 23, 2017
Geografi merupakan ilmu yang bersifat integrase sehingga seringkali disebut jembatan antara ilmu alam dan sosial ditambah teknik. Berbagai fenomena yang berkaitan dengan aspek fisik dan non fisik dikaji dalam geografi mulai dari erupsi, perubahan iklim, migrasi manusia, sebaran hewan hingga zona laut dalam. Tentu untuk menjelaskan fenomena tersebut dengan lebih mendalam, dibutuhkan ilmu pendukung lain sehingga pendeskripsiannya akan lebih mendalam. Berikut ini beberapa ilmu bantu geografi: Baca juga: Menghitung titik henti

Demografi
Ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan dinamika penduduk di permukaan bumi mulai dari pertumbuhan hingga perkembangannya. Dengan demikian kita bias mengetahui tentang struktur piramida penduduk, angka pertumbuhan penduduk, faktor migrasi hingga ramalan penduduk di masa depan.

Meteorologi
Ilmu yang mempelajari tentang fenomena cuaca dan dinamikanya. Kita bisa belajar tentang faktor-faktor yang memengaruhi cuaca suatu daerah, ramalan cuaca  dan anomalinya dari waktu ke waktu.
Ilmu Bantu Geografi
Ramalan cuaca harian
Astronomi
Ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit di luar angkasa serta interaksinya dengan Bumi. Berbagai fenomena seperti gerhana, meteor hingga pasang surut laut merupakan dampak dari interaksi Bumi dengan benda langit lain seperti bulan dan matahari atau asteroid.

Geomorfologi
Ilmu yang mempelajari tentang bentuk-bentuk permukaan bumi dan segala proses atau mekanisme yang terjadi didalamnya. Ada banyak morfologi seperti patahan, lipatan, kubah garam, cekungan, sand dune dan lainnya yang bisa kita pelajari mekanisme dan sebarannya. Baca juga: Perbedaan Mesa, Butte dan Plateau

Geologi
Ilmu yang mempelajari struktur, sejarah dan perkembangan Bumi dari masa ke masa. Kita bisa memahami tentang bagaimana sejarah bumi dan umur batuannya.

Oseanografi
Ilmu yang mempelajari perairan laut beserta semua hal yang ada di dalamnya. Contoh fenomena yang bisa dipelajari diantaranya palung laut, salinitas, terumbu karang hingga zona abisal. Baca juga: Cara Hitung Iklim Schmidt Ferguson

Antropogeografi
Ilmu yang mempelajari sebaran bangsa di permukaan bumi dalam sudut geografis. Berbagai suku bangsa tersebar di bumi dan berkembang dengan karakternya masing-masing seperti bangsa Romawi, Nordic, Arab hingga bangsa Aztec.

Paleontologi
Ilmu yang mempelajari fosil-fosil serta bentuk-bentuk kehidupan di masa pra sejarah. Dengan mempelajari fosil maka kita akan mengetahui sejarah kehidupan di masa lalu sebelum manusia muncul dan melihat perkembangannya dari waktu ke waktu.

Biogeografi
Ilmu yang mempelajari sebaran mahluk hidup terutama flora fauna di permukaan bumi. Contohnya kita bisa mempelajari zonasi fauna Wallace atau pulau-pulau endemic di dunia seperti Socotra, Galapagos, Komodo dan Madagaskar.

Vulkanologi
Ilmu yang mempelajari tentang gunung api dan semua hal yang terkait di dalamnya. Kita bisa mengetahui tipe-tipe gunung api di dunia, kekuatan letusan dan sejarah pembentukannya. Baca juga: Belajar dengan Quipper Video cepat paham lho!

Hidorologi
Ilmu yang mempelajari tentang sistem perairan di daratan. Kita bisa mempelajari tentang sistem akuifer air Tanah, faktor infiltrasi hingga kecepatan infiltrasi Tanah.

Klimatologi
Ilmu yang mempelajari khusus tentang sejarah iklim dan perubahannya di Bumi dari masa ke masa. Fenomena perubahan iklim dapat dianalisa dan diprediksi di masa depan dengan bantuan klimatologi. Baca juga: Jenis Gumuk Pasir Sandune
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search