Kartu Soal Geografi Kelas X, XI dan XII Semester Ganjil

- May 09, 2017
Jika kamu seorang guru tentu akan berurusan dengan banyak administrasi termasuk kartu soal. Sebelum saya berikan contoh kartu soal geografi, saya akan jelaskan dulu fungsi dari kartu soal. Saat akan melaksanakan ulangan atau ujian pasti setiap guru akan diminta mengumpulkan kartu soal bukan?. Mengapa harus ada kartu soal sih, kan di kisi-kisi soal juga sudah cukup?. Saya juga sempat berfikir demikian karena seolah-olah kita harus kerja beberapa kali. Memang kenyataannya begitu sih, tapi ya bagaimana lagi sudah diperintahkan oleh negara ya harus dikerjakan karena pasti diinta saat akreditasi.

Berdasarkan literasi yang saya baca dari modul TOT Nasional dijelaskan bahwa tujuan utama dari pembuatan kartu soal adalah sebagai data storage dalam bank soal sekolah. Kalau di perpustakaan sama halnya dengan katalog. Menurut saya kartu soal ini cocok dilakukan pada zaman dulu alias belum ada komputer. Kalau saat ini data storage sudah cukup simpan di hardisk saja. 

Nampaknya memang guru kita kebanyakan membuat administrasi sekolah sehingga tidak ada waktu untuk membuat perencanaan pelajaran di kelas yang baik. Saya pernah berbincang dengan teman saya guru Cambridge dari Filipina. Ia berkata bahwa guru Cambridge tidak dipusingkan dengan administrasi yang rumit karena sudah ada yang mengahandle. Guru hanya fokus membuat perencanaan belajar yang baik dan mengevaluasi. Urusan administrasi sudah disediakan. Daripada panjang lebar lagi, di bawah ini saya berikan contoh kartu soal geografi UAS semester ganjil semua kelas, semoga bermanfaat. Tinggal ganti soal sesuai selera saja karena formatnya sama pada umumnya.


Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search