Mudik Jangan Lupa Mampir Ke Majalengka

- June 17, 2017
Musim mudik sudah tiba dan para kaum urban khususnya di Jakarta dan sekitarnya sudah mulai melaksanakan hajatan tahunannya yaitu mudik. Mudik memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran tiba. Bicara mudik maka yang paling sering muncul di berita tentu adalah peta jalur mudik utama di Jawa yaitu jalur Pantura dan jalur Selatan. Kedua jalur ini merupakan jalur mudik utama dan sering menjadi pusat kepadatan saat musim mudik tiba.

Jika kamu mudik ke arah Kuningan atau Cirebon dan tidak menggunakan akses pantura atau tol Cipali maka tidak salahnya untuk menggunakan jalur tengah dan mampir ke Majalengka. Majalengka merupakan sebuah kabupaten di bagian tengah Jawa Barat arah timur. Kota Majalengka merupakan sebuah kota kecil yang cocok dijadikan tempat istirihat atau rekreasi saat liburan tiba. Saya akan berikan deskripsi singkat tentang kota yang masih asri ini.
Mudik Jangan Lupa Mampir Ke Majalengka
Terasering Argapura Majalengka
Kondisi Geografis
Majalengka secara geografis berbatas dengan Kabupaten Sumedang di barat, Kabupaten Subang dan Indramayu di utara, Kabupaten Kuningan di timur dan Kabupaten Tasikmalaya di selatan. Majalengka berada di wilayah pegunungan tengah Jawa Barat sehingga morfologinya didominasi oleh bukit-bukit. Dataran rendah mulai muncul di bagian utara. Majalengka berada di kaki Gunung Ciremai bagian barat. Kota Majalengka memiliki pola memanjang dan tidak terlalu luas. 

Dengan berada di kaki Ciremai maka sumber air sangat melimpah sekali di sini. Saluran irigasi sudah menyebar ke seluruh penjuru desa. Oleh sebab itu Kabupaten Majalengka merupakan salah satu pusat agropolitan di Jawa Barat. Kota Majalengka dikenal juga sebagai kota angin karena lokasinya yang berada diantara pegunungan sehingga memungkinkan angin berhembus dari atas pegunungan ke bawah. 

Wisata 
Jika kamu berkunjung ke Majalengka maka kamu harus mengunjungi beragam tempat wisata alam yang ada di sini. Karena berada di daerah depresi pegunungan tengah maka jangan salah jika di Majalengka banyak terdapat air terjun, mata air dan bukti-bukit. Kini berbagai lokasi wisata alam di Majalengka mulai dikembangkan dan menjadi sarana promosi daerah. Apalagi kehadiran tol Cipali, Cisumdawu dan Bandara Kertajati tentu akan menambah pesat kunjungan ke kota ini di masa depan. Berikut ini beberapa contoh lokasi wisata di Majalengka yang pernah saya kunjungi:
- Curug Tonjong

Dan masih banyak spot wisata lainnya yang bisa anda kunjungi di Majalengka. Anda bisa googling saja di google.


Kuliner
Berbicara kuliner maka Majalengka punya beberapa makanan khas yang memang unik dan berbeda dari yang lainnya. Anda jangan heran jika harga makanan disini masih sangat murah. Beberapa kuliner khas Majalengka diantaranya jalakotek, sorabi dan sate panggang.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search