Pola Pengembangan Wilayah Negara Maju

- June 14, 2017
Negara maju pada dasarnya merupakan negara yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk bernilai jual tinggi sehingga pendapatan negaranya tinggi. Tidak selamanya negara yang memiliki wilayah luas dapat menjadi negara maju. Aspek penting dari maju tidaknya sebuah negara adalah kualitas manusia di dalamnya. Ada negara yang miskin sumber daya namun ia bisa menguasai dunia dengan produk-produk andalannya seperti Jepang, Korea, Amerika, Singapura dan lainnya. Lantas bagaimana pola pengembangan wilayah di negara maju?. 

Berbicara pola pengembangan wilayah negara majua maka akan sangat berbeda dengan pola pengembangan di negara berkembang. Di negara berkembang, secara umum pola pertumbuhan wilayah sangat tidak teratur dan banyak yang tidak sesuai zonasi yang telah ditentukan pemerintah. Atau bahkan pemerintah tidak membangun wilayah sesuai karakteristiknya. Berikut ini beberapa contoh pola pengembangan wilayah di negara maju:

1. Merencanakan Sistem Zonasi
Sebelum membangun sebuah wilayah, maka akan ada riset atau penelitian awal terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan nantinya wilayah berkembang sesuai dengna potensinya dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Zona industri ditempat di lokasi yang jauh dair pemukiman, tempat pembuangan akhir sampah dibangun jauh dari kota. Hal ini dilakukan agar kualitas kehidupan penduduk di wilayah tetap terjaga. Coba lihat di Indonesia, contohnya tempat pembuangan akhir sampah dekat dengan kota. Dampaknya tiap hari bau busuk selalu dihirup warga. Ini membuat kualitas hidup menurun. Industri dibangun di wilayah yang bukan peruntukannya. Baca juga: Lava Aa dan Pahoehoe

2. Mereklamasi Lahan
Bagi negara-negara yang memiliki lahan sempit dan dekat laut, jalan reklamasi menjadi pilihan terbaik. Dengan mereklamasi laut mereka akan memperluas area negara. Contoh nyata adalah Singapura dan Uni Emirat Arab. 
Kota Dubai di UEA
3. Berbasis Teknologi 
Kota-kota di negara maju dikembangkan dengan basis teknologi yang tinggi dan ramah penduduk. Jalur transportasi sangat memadai, aman dan nyaman. Tidak ada kemacetan parah dan setiap lokasi dipantau oleh CCTV. Di Cina kini sudah ada jalur monorel yang menembus apartemen. Konsep kota masa depan kini sudah mulai dibangun oleh negara maju. Jadi kota-kota modern abad 21 yang sering kamu lihat di film fantasi atau Doraemon akan segera terwujud beberapa dekade ke depan.

4. Prinsip Keberlanjutan Lingkungan
Kota-kota di negara maju sudah menerapkan konsep berwawasan lingkungan dalam model pengembangannya. Lihat bandara Changi di Singapura yang kini disulap menjadi kawasan hutan tropis di dalamnya. Lihat juga Central Park di New York yang dibangun agar masyarakatnya bisa refreshing melepas kepenatan di sana.
Baca juga: Pola Pengembangan Negara Berkembang

Gambar: shutterstock
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search