Tips Mudik Aman Nyaman dan Selamat

- June 12, 2017
Libur Idul Fitri sudah tinggal beberapa hari lagi dan kaum urban tentunya sudah tidak sabar untuk kembali ke kampung untuk bersilaturrahim bersama sanak keluarga terdekat. Mudik sudah merupakan tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia sebagai wujud cinta terhadap keluarga dalam balutan kebersamaan. Tiada kebahagiaan paling indah selain berkumpul bersama keluarga terkasih. 

Bagi yang sedang mempersiapkan mudik, alangkah baiknya untuk mempersiapkannya sebaik mungkin. Beberapa tahun ke belakang tentu kita sering melihat berita tentang kasus kecelakaan, kebakaran atau kejadian negatif lainnya saat lebaran tiba. Untuk itu kita harus mengantisipasi agar kejadian tersebut tidak terjadi. Jangan sampai kebahagiaan kita menjadi tangisan karena keteledoran kita. Memang takdir sudah ada yang menentukan, namun kita wajib untuk melakukan persiapan sebaik mungkin untuk menghindari takdir negatif saat lebaran tiba. Berikut in beberapa tips bagi yang hendak mudik ke kampung halaman agar suasana idul fitri kita nyaman, aman dan tentram.

1. Periksa alat kelistrikan rumah
Sering muncul di berita rumah yang kebakaran ditinggal mudik oleh penghuninya. Ini karena pemudik tidak mengecek terlebih dahulu peralatan listrik di rumah. Cek keadaan stop kontak, barangkali ada yang sudah jelek yang dapat memicu korsleting. Ganti kabel-kabel yang sudah jelek dengan yang bagus. Kalau mau kulkas tetap nyala, pastikan kabel dan stop kontaknya masih baik. Kalau pun mau dimatikan, maka singkirkan terlebih dahulu semua isinya, jangan sampai ada yang tersisa di dalam. Kalau ada yang tersisi maka bersiaplah saat kembali anda kan menemukan banyak alien di dalamnya (pengalaman). 

2. Titipkan kunci ke satpam
Bagi yang ada securiti di perumahan, anda bisa menitipkan kunci ke satpam yang dipercaya tentunya. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada sesuatu hal terjadi maka satpam bisa langsung mengambil tindakan.

3. Perbaiki kran air bocor
Seringkali kita menemukan kran air bocor dan jika ditinggalkan lama akan membuat air mengalir keluar deras. Hal ini tentu menjadi pemborosan listrik dan air. Maka cek dan perbaiki kran yang mulai rusak. 
Tips Mudik Aman Nyaman dan Selamat
Ayo mudik!
4. Periksa kondisi kendaraan
Nah bila yang mau mudik pakai kendaraan roda dua atau empat, maka wajib untuk mengecek kondisi kendaraan. Periksa kondisi ban, rem, rantai, lampu dan oli. Banyak kejadian kecelakaan terjadi karena kondisi kendaraan yang tidak prima. Ingat, mudik itu akan meningkatkan mobilitas kendaraan berkali-kali lipat dan ini berbanding dengan resiko kecelakaan di jalan karena volume kendaraan yang membludak. Jangan membawa penumpang melebih kapasitas kendaraan atau beban berlebih karena ini akan mengurangi stabilitas kendaraan anda.

5. Istirahat bila lelah di jalan
Anda harus tahu bahwa berkendara itu sangat menguras energi. Penelitian membuktikan bahwa seseorang berkendara motor maksimal 2 jam setelah itu harus istirahat begitu pula dengan mobil (kurang lebih 3 jam). Banyak kecelakaan terjadi karena sopir mengantuk. Ini karnea tubuh dipaksakan untuk berkonstrasi. Jadi hargailah tubuhmu, jika minta istirahat maka menepilha sejenak. Alon-alon asal klakon lebih baik bukan?

6. Tutup semua jendela
Jangan salah, maling itu sering muncul saat rumah ditinggal pergi. Jadi untuk mengantisipasinya maka tutuplah semua jendela rumah rapat-rapat. Pasang teralis dan bia perlu CCTV untuk memantau rumah. 

7. Titipkan hewan peliharaan
Bagi yang punya hewan peliharaan maka tidak salahnya untuk menggunakan jasa penitipan hewan peliharaan yang sudah banyak tersedia di perkotaan. Memang anda mau bawa hewan dalam mobil atau motor?.

8. Berdoa
Setelah semua persiapan dilakukan tentu hal terakhir adalah minta perlindungan pada Tuhan. Berdoalah sebanyak mungkin dengan khusyu agar dijauhkan dari marabahaya selama mudik.

Itulah sedikit tips mudik aman nyaman kali ini. Selamat kembali ke kampung halaman dan bersilaturrahim bersama keluarga terkasih.
Gmbar: budhie.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search