7 Alasan Kenapa Harus Naik Kereta Api

- July 11, 2017
Liburan telah usai dan saatnya kembali melanjutkan rutinitas pekerjaan kita untuk bekal liburan di tahun depan. Libur lebaran kemarin saya mengunjungi beberapa tempat dan tentunya untuk mencapai lokasi tersebut saya memilih moda transportasi kereta api. Saya berangkat pulang pergi dari Cirebon menuju Yogyakarta menggunakan Fajar Utama Yogya. Kereta Api kini menjadi salah satu moda transportasi andalan masyarakat dalam menunjang mobilitas harian. Kenapa harus pilih kereta api? Berikut ini saya berikan sedikit alasannya.
Kereta melintasi pegunungan dan pesawahan Indonesia yang indah
1. Bebas macet
Kereta api tentu bebas macet beda halnya dengan menggunakan transportasi pribadi yang di jalan tol pun bisa macet saat liburan. Menggunakan kereta api maka kita tidak akan terjebak di jalanan yang panas dan membosankan. 
2. Tiket relatif terjangkau
Tiket kereta api sangat terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Masyarakat bebas memilih jenis KA baik yang eksekutif, bisnis atau ekonomi sesuai dengan kondisi dompet. Jadi anda tidak usah khawatir kocek anda akan terkuras habis, kecuali anda bei di calo.
3. Bisa pesan tiket kapan saja
Dengan menggunakan kereta api anda bisa bebas menentukan jadwal keberangkatan kapan pun sesuka hati. Kini banyak aplikasi yang memudahkan pembelian tiket di handpone anda. Biasanya jika anda beli tiket jauh hari maka harga yang didapatkan akan lebih murah.
4. Melihat pemandangan alam Indonesia
Nah, ini yang saya suka yaitu ketika naik kereta maka sepanjang perjalanan akan melihat pemandangan alam Indonesia yang indah. Mulai dari pesawahan, pegunungan, sungai, desa, terowongan dan lainnya. Jalur rel kereta memang dibuat jauh dari pusat pemukiman menembus daerah perbukitan dan pegunungan. Anda bisa mengambil foto-foto atau video alam indonesia dari atas kereta, dijamin keren.
Stasiun Tugu Yogyakarta
5. Aman dan nyaman
Menggunakan kereta api saat ini sangat aman dan tidak akan ada kejahatan seperti di jalanan, calo, preman dan lainnya. Kini ada polisi khusus kereta api yang sigap menjaga keamanan kereta. Selain itu anda pasti akan dapat tempat duduk jika sudah beli tiket. Anda juga tidak akan mual dan pusing karena kereta api berjalan diatas trek lurus.
6. Tepat waktu
Kereta api menjamin anda untuk datang ke tujuan tepat waktu, kalaupun ada keterlambatan pastinya cuma sedikit saja dan tidak terlalu lama. Beda halnya dengan jaman dahulu, nanti saya ulas artikelnya di lain waktu antara perbedaan kereta api dulu dan sekarang.
7. Fasilitas memuaskan
Fasilitas umum penunjang konsumen kereta api kini sudah sangat modern. Jika dulu stasiun seperti pasar kini stasiun kereta api sudah bebas dari hal tersebut. Berbagai fasilitas tersedia di stasiun mulai dari ruang tunggu, kafe, toilet, dan lainnya sudah dibenahi. Jad menunggu kereta di stasiun kini tidak lagi membosankan.

Gambar: flickr, dokumen pribadi
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search