Apa Saja Faktor-Faktor Pro Mortalitas dan Anti Mortalitas?

- July 13, 2017
Dinamika penduduk dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu kelahiran, kematian dan migrasi. Kematian atau mortalitas merupakan fenomena yang pasti akan dialami oleh manusia. Mortalitas pada dasarnya akan membuat jumlah penduduk suatu daerah menjadi berkurang. Tingkat kematian tiap daerah atau negara berbeda-beda. Ada faktor pro (pendukung) dan anti (penghambat) terjadinya kematian penduduk. Berikut ini beberapa faktor pro dan anti mortalitas:

Faktor Pro Mortalitas
1. Gaya hidup buruk
Gaya hidup sangat memengaruhi terhadap kualitas kesehatan seseorang. Gaya hidup yang buruk atau tidak sehat akan mempercepat seseorang untuk menemui ajalnya. Kurangnya asupan gizi, stress, buruknya sanitasi, jajan sembarangan tentu akan membuat seseorang rentan terhadap penyakit.
2. Minimnya sarana prasarana kesehatan
Fasilitas kesehatan yang memadai dan berkualitas sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan penduduknya. Kurangnya fasilitas kesehatan dan tenaga ahli sering membuat angka kematian meningkat. Daerah-daerah terpencil banyak menemui hambatan ini sehingga sering dijumpai kasus gizi buruk atau banyaknya angka kematian ibu dan bayi. 
3. Bencana alam
Bencana alam seperti gunung meletus, tsunami, longsor dan banjir sering menelan korban jiwa. Bencana tsunami di Aceh tahun 2004 saja membuat 500.000 jiwa melayang.
4. Kurangnya kesadaran kebersihan
Coba lihat di lingkungan sekitar anda apakah ada sampah berserakan di pinggir jalan, sungai atau tempat lainnya. Sampah tersebut menimbulkan bau busuk, mengundang lalat dan mahluk penyebar penyakit lain. Ini adalah kebiasaan masyarakat yang tidak sadar kebersihan yang mengundang mereka untuk lebih cepat mati.
5. Kecelakaan lalu lintas
Mobilitas menjadi salah satu faktor paling dominan yang menyebabkan meningkatnya kematian. Setiap hari pasti akan dijumpai berita kecelakaan lalu lintas di televisi. Ini diakibatkan oleh kecepatan berkendara yang tentunya akan berbahaya jika tidak hati-hati di jalan.
6. Perang
Perang merupakan salah satu sarana pemusnahan penduduk secara massal. Lihat saja di Suriah dan Irak, kota beserta penduduknya musnah dalam sekejap akibat perang.
Perang menghancurkan kehidupan manusia
Faktor Anti Mortalitas
1. Gaya hidup sehat
Hidup sehat, membiasakan makan makanan bergizi dan rajin berolahraga akan menambah panjang hidup anda. Makan sayuran dan buah-buahan akan membuat tubuh lebih sehat.
2. Fasilitas kesehatan memadai
Tersedianya sarana pendukung kesehatan yang memadai hingga tingkat desa akan membuat pelayanan kesehatan menjadi prima. Masyarakat bisa cepat berkonsultasi ke dokter jika ia sakit sehingga memercepat harapan sembuh.
3. Lingkungan bersih dan sehat
Lingkungan yang bersih dari sampah dan terhindar dari polusi akan membuat hidup kita nyaman. Kebersihan lingkungan menjadi bagian yang sangat penting untuk memperpanjang umur hidup seseorang.
4. Program penyuluhan kesehatan
Pendidikan kesehatan perlu diberikan pada masyarakat agar mereka memahami tentang tata cara hidup sehat. Dengan demikian mereka memiliki wawasan ilmu kesehatan yang cukup untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar: usnews.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search