Geografi Regional Benua Eropa

- July 24, 2017
Benua Eropa merupakan benua yang relatif
kecil namun memiliki masyarakat yang relatif
maju dibandingkan negara di benua lain. Eropa terkenal dengan berbagai produk-produk berkualitas dan kemampuan manusianya di berbagai bidang. Berikut ini deksripsi wilayah Eropa:

Lokasi: Benua Eropa berada diantara 35⁰ - 71⁰ LU dan 25⁰ BB-6⁰ BT. Benua Eropa dibatasi Laut Utara di utara dan Laut Mediteraian dan Laut Hitam di selatan. Laut Kaspia dan Asia di sebelah timur dan Samudera Atlantik Utara di baratnya. Pegunungan Ural memisahkan Eropa dan Asia.

Wilayah: Eropa menduduki urutan ketiga dalam hal luas wilayah dibandingkan benua lain. Luas Eropa hanya 10 juta km persegi atau 1,3 kali lebih besar dari Australia saja.

Garis Pantai: Dibandingkan dengan ukurannya, Eropa punya garis pantai yang panjang yaitu mencapai 41.204 km atau terdapat 1 km garis pantai setiap 242 km areanya.Tidak ada bagian Eropa yang berjarak lebih dari 1.690 km dari laut. Hal ini menyebabkan banyaknya pelabuhan alam disepanjang pantai. Ada banyak semenanjung, pulau dan gugusan pulau disepanjang pantai benua ini. 

Di pantai utara terdapat Laut Putih Semenanjung Bothnia, Laut Baltik, Laut Utara, Islandia, Semenanjung Skandinavia dan Semenanjung Denmark. Selain itu ada Pulau Novaya Zemlyada Pulau Pittsburgen, North Cape dan Nothkin Cape.

Di pantai barat terdapat Teluk Biscay dan Semenanjung Iberia. Di pantai selatan ada Laut Mediterania, Teluk Genoa, Laut Tyrrhenian, Laut Adriatik, Laut Ionia, Laut Aegea, Laut Marmara, Sardinia, Pulau Sisilia, Semenanjung Italia, Kepulauan Ionianse, Semenanjung Balkan dan Semenjung Krimea. Laut Kaspia di bagian timur dikelilingi oleh daratan.

Fisiografi: Eropa terbagi ke dalam empat divisi berdasarkan kondisi fisiknya yaituL
1. Plato Rocky di utara
2. Dataran Luas Eropa Tengah
3. Plato Eropa barat dan tengah
4. Pegunungan selatan
Benua Eropa

1. Dataran Tinggi Rocky termasuk wilayah Semenanjung Skandinavia, bagian utara Skotlandia dan Irlandia. Dulu wilayah ini tersusun atas batuan metamorf tua. Karena pengaruh tektonik dan denudasi, bebatuan tua ini berubah menjadi  palto. Gunung Kiolen  berada di sebelah utara Skandinavia dan Gover Field Mountain membujur di selatan. Morfologi daerah plato ini mengarah dari selatan ke timur. Lembah celah Glenmore membagi dataran tinggi Skotlandia ke dalam dua bagian. Bagian utara Inggris dikenal sebagai Dataran Tinggi Skotlandia sementara di bagian selatannya adalah Pegunungan Graspian. Nevis adalah puncak tertinggi di Inggris yaitu 1.344 m.

2. Dataran Luas Eropa Tengah membentang dari pantai Teluk Biscay di barat sampai perbatasan timur  di Eropa Timur. Sebenarnya dataran ini telah bergabung dengan dataran Asia dan membentuk dataran terluas di dunia. Dataran ini meliputi Perancis Utara, Belgia, Belanda, Jerman, Polandia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania, Belarusia, Ukraina dan  sebagian besar Rusia. Permukaan dataran ini berada tidak lebih dari 152 m mdpl rata-ratanya. Sebagian besar permukaan daratan rendah ini ditutupi endapan glasial dan morena karena gletser bergerak di sekitar area ini.

3. Dataran Tinggi Eropa Tengah dan Barat. Wilayah ini terbentuk dari lima dataran tinggi yang kecil dan besar. Daerah ini meliputi dataran tinggi Meseta di Iberia, dataran tinggi Meseta Tengah Perancis, Bavaria, Plato Jerman dan Plato Bohemia Ceko dan Slovakia.

4. Pegunungan Selatan terdiri dari dari Alpen di bagian tengah. Alpen membentang sepanjang 1.116 km dengan lebar antara 56 - 64 km. Sejumlah cabang dari pegunungan ini menyebar ke berbagai penjuru Eropa Selatan. Gunung Dinaric dan Pindus di tenggara Semenanjung Balkan, Gunung Balkan di timur Dinaric, Pegunungan Carphantia di Ukraina barat timur-tengah Rumania, Gunung Transylvania di Rumania Selatan, Gunung Kaukakus, Gunung Jura dan Vosges di timur laut Laut Hitam. Evergreen dan Pegunungan Siveneze berada di Perancis Selatan. Mount Blanc yang ada di perbatasan Perancis dan Italia Tenggara merupakan puncak tertinggi. Puncak ini selalu tertutup salju tiap tahun. Dataran Tinggi Meseta di Spanyol terletak diantara dataran tinggi Pirenia di perbatasan Spanyol dan Perancis dan Siera Nevada di Spanyol selatan. Cabang pegunungan Alpen yaitu Apenina melewati Italia menuju Selatan.

Dataran Hungaria terletak di lembah sungai Danube di pegunungan Carphantia dan Dinar, Dataran Lombarde diantara Alpen dan Apenina dan dataran Rumania berada antara Pegunungan Balkan dan Transylvania.

Gambar: disini
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search