Memahami Keunggulan Sistem Informasi Geografi

- July 24, 2017
Sistem Informasi Geografi atau SIG bisa dibilang sebagai pengembangan dari peta konvensional. Peta dikombinasikan dengan komputer maka jadilah SIG. SIG saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat. Coba lihat di smartphone anda pasti ada aplikasi map bukan?. Itulah bagian dari SIG. Semua wilayah atau fenomena apapun di permukaan bumi ini bisa disajikan dalam bentuk peta digital. Lokasi kini menjadi suatu istilah geografi yang sangat penting dalam kehidupan kita. Ada keunggulan dan kelemahan dari SIG sebagai sebuah sistem. Kali ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang keunggulan SIG. Berikut ini beberapa keunggulan SIG
Tampilan peta 3D
1. Pemrosesan Data Lebih Cepat
Dengan menggunakan bantuan komputer, maka pemrosesan data spasial maupun atribut lebih cepat. Anda bisa memanipulasi data atau mengolah data dengan cepat dengan komputer masa kini. Jika sebelumnya kita mengolah data secara manual maka kini hanya membutuhkan data/file saja dan menginputnya dalam komputer. 
2. Penanganan Data Spasial Lebih Baik
Untuk menampikan data spasial dalam komputer, kini telah tersedia berbagi macam software yang memudahkan kita untuk membuat sebuah peta digital. Data spasial dapat kita edit, rubah dan analisa sesuka hati.
3. Data Geospasial Lebih Mudah Ditampilkan
Jika dulu membaut peta harus diprint dalam ukuran besar maka kini hanya bermodal layar smartphone saja, semua wilayah dunia bisa kita dapatkan. Tanpa diprint dan menghabiskan tempat. 
4. Kemampuan Menukar Data Spasial
Hadirnya SIG membuat kita bisa menukar data geospasial dengan mudah di komputer.
5. Hemat Waktu dan Biaya
SIG meskipun memakan investasi mahal di awal, namun dalam produknya dapat digunakan dengan efisien dan hemat biaya. Kita bisa mengolah data spasial atau mencari informasi wilayah tak terbatas ruang dan waktu.
6. Pengambilan Keputusan Lebih Akurat
Produk SIG seperti google map menghasilkan gambaran nyata permukaan bumi persis. Hal ini akan membuat seorang geografer dapat dengan mudah menganalisa fenomena keruangan yang terjadi lebih akurat.
7. Gambaran Visual Menyerupai/Sesuai Asli
Gambaran keruangan dalam SIG menyerupai gambaran asli dari permukaan bumi itu sendiri. Bahkan kini ada fitur 3D di dalamnya. Dunia seperti berada di genggaman kita. 

Masih banyak lagi keunggulan SIG yang lain dan kehadiran SIG membuat manusia semakin memahami akan pentingnya geografi dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar: disini
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search