Animasi Fenomena El Nino dan La Nina di Pasifik - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Agustus 16

Animasi Fenomena El Nino dan La Nina di Pasifik

El Nino dan La Nina merupakan suatu fenomena anomali cuaca yang terjadi di Samudera Pasifik bagian timur dan tengah. Kedua fenomena tersebut sangat berpengaruh pada pola musim di Indonesia.

El Nino terjadi saat lautan Pasifik bagian tengah dan timur menghangat sehingga evaporasi di sana tinggi. 

Jadi hal pertama yang harus pahami dari dua fenomena ini adalah el nino dan la nina sama-sama diawali dari adanya keganjilan di samudera Pasifik tengah dan timur, ingat ya.

Dampak dari evaporasi tersebut mengakibatkan banyaknya awan hujan di daerah sekitar Pasifik sehingga hujan lebat terjadi disana. Sementara di Indonesia penguapan sangat minim dan awan hujan jarang terbentuk sehingga mengakibatkan kemarau panjang.

La Nina merupakan kebalikan dari El Nino dimana lautan Pasifik timur dan tengah mendingin. Hal ini mengkibatkan pembentukan awan hujan tidak terjadi di sana.

Sementara itu di Pasifik bagian barat, evaporasi sangat tinggi karena suhu lautan memanas sehingga awan hujan banyak terbentuk. 

Indonesia mengalami musim hujan yang panjang dan lebat di kala La Nina. Untuk lebih memahami fenomena anomali ini lhat animasi di bawah:

Sumber: usoceangov

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close